Laman

Iklan

Senin, 31 Agustus 2009

Tips Memposting Tulisan di Blogger

Alhamdulillah….

Akhirnya setelah lebih dari satu minggu kini aku bisa memposting tulisan lagi pada blogger ini. Alasan karena kesibukan yang tak bisa ditinggalkan adalah salah satu alasan klasik yang ingin saya ajukan. Di samping itu juga karena ada beberapa kesalahan teknis dalam memposting tulisan yang mengakibatkan tampilan blog waktu on line jadi error.

Berdasarkan dari pengalaman-pengalaman pribadi, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan seputar tips memposting tulisan di blogger. Perlu diketahui bahwa saya bukanlah seorang ahli, akan tetapi hanya sekedar ingin berbagi kepada pembaca mengenai apa yang saya ketahui seputar masalah memposting tulisan di blogger ini. Silakan bagi anda yang ingin mengkritik atau menambahkan di kotak komentar.

Pertama-tama sebelum memposting tulisan yang perlu anda perhatikan adalah materi. Usahakan materi yang akan anda posting nantinya sesuai dengan tema yang anda angkat. Kalau bisa jangan sampai materi yang anda angkat saat ini tidak sesuai dengan tema utama blog anda. Hal ini akan berakibat kepada penurunan peringkat kunjungan ke blog anda. Bayangkan saja apabila anda sedang mengunjungi sebuah blog bertema selebritis. Pasti anda akan mencari kelanjutan dari bacaan anda yang pertama atau ingin mencari topik yang berhubungan dengan yang anda baca sebelumnya. Seandainya tidak ada lagi topik yang berhubungan, otomatis anda akan kabur dari blog itu dan berpindah ke blog lainnya.

Yang kedua, apabila anda tidak mempunyai cukup bahan untuk mengupas tuntas atau apabila hanya dengan satu tema seumpama bisnis anda tidak akan dapat menulis dengan judul yang banyak, sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuat tema secara umum. Tambahkan navigasi pada tiap halamannya baik berupa kategori atau lainnya agar apabila pengunjung membutuhkan informasi tentang sesuatu yang lainnya mereka tahu ke mana harus pergi.
Yang ketiga adalah adalah anda siapkan dulu tekhnik yang akan anda posting nantinya. Maksud saya anda harus memperhatikan tekhnik SEO dalam memposting tulisan. Hal ini sangat penting karena tanpa anda menerapkan tekhnik ini, maka peringkat rangking kunjungan ke blog anda akan untung-untungan. Untung ada pengunjung atau bahkan tidak ada sama sekali. Masalah SEO telah saya bahas pada postingan saya sebelumnya. Klik di sini.

Yang keempat, weleeh… atau mungkin yang pertama harusnya ini, ya?…., yah, biarlah. Ini tidak penting. Yang keempat, tentukan tujuan anda dalam menulis. Untuk apa anda menulis di blog? Apakah hanya sekedar hobi ataukah justru ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari blog? Ada banyak alasan yang berbeda-beda bagi tiap orang dalam menulis di blog. Semua terserah anda. Tapi kalau anda ingin mendapatkan keuntungan dari tulisan anda ini maka banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyediakan ruang untuk dipajang iklan di blog anda. Selengkapnya mengenai masalah ini silakan klik di sini.

Yang kelima, berilah tanda pada kata-kata yang penting dengan memberikan huruf tebal atau huruf miring atau lainnya karena hal ini akan menarik pembaca untuk memperhatikan lebih seksama dan juga ini menjadi salah satu tekhnik SEO yang sangat penting untuk diterapkan.

Yang keenam, apabila anda melakukan pengeditan HTML pada template anda sebaiknya sebelum mempostingkannya anda back up atau download dulu template default anda. Hal ini sangat penting karena seandainya ada kesalahan dalam melakukan pengeditan dan penulisan HTML maka masalahnya bisa berabe. Blog anda akan menjadi error.

Yang ketujuh, menulislah dengan bijaksana. Maksud saya adalah anda tidak menuliskan di blog anda sesuatu yang berbau fitnah dan sara dan sesuatu yang berbau pornografi. Tuliskanlah sesuatu yang bersifat menambah ilmu pengetahuan bagi anda dan pembaca anda. Dengan demikian anda adalah termasuk seorang yang berjasa dalam usaha untuk mencerdaskan bangsa.

Yang kedelapan…. Sekian dulu tips-tips dari saya. Hehehe….! Silakan kalo mau, tambahkan sendiri di kotak komentar. Terima kasih jika anda mau berbagi ilmu dan pengalamannya di sini.

Read More......

Minggu, 23 Agustus 2009

Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui

Keberadaan komputer pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bukan hanya di luar negeri yang notabene telah jauh mendahului Indonesia di dalam bidang teknologinya, bahkan di dalam negeri sekali pun perkembangan komputer dan minat masyarakat untuk memilikinya tergolong sangat besar dan sangat menggembirakan bagi pelaku bisnis pasar elektronik. Maka tak heran apabila bisnis kotak canggih atau komputer ini menjamur di mana-mana.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak SD pun telah dikenalkan dengan teknologi canggih yang satu ini. Sebagian orang mempelajarinya di bangku sekolah, yang lainnya belajar dari teman ditambah dengan panduan buku-buku komputer yang dibeli dipasaran.

Walaupun kebanyakan orang telah bisa mengoperasikan komputer sendiri, akan tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui berbagai macam peristilahan dalam ilmu komputer tersebut. Dengan mengetahui peristilahan dalam ilmu komputer akan membuat pengoperasian komputer akan lebih mudah. Berikut akan saya uraikan sebagian dari peristilahan dalam ilmu komputer yang perlu anda ketahui:

add-in, yaitu komponen-komponen elektronis yang dapat ditempatkan pada suatu printed circuit board yang sudah dipasang dalam suatu komputer untuk meningkatkan kapasitasnya. Contoh: Kita membeli board dengan memory 32 K untuk suatu microcomputer, tapi kita hanya membeli memory sebesar 16 lebih dulu. Maka board itu akan memiliki socket-socket kosong untuk kemampuan 16 K. Kalau kemudian kita membeli chipsnya untuk mengembangkannya menjadi 32 K, Maka memory yang baru itu merupakan suatu add-in.

add-on, yaitu device baru yang ditambahkan pada suatu komputer untuk mengembangkan kapasitasnya atau untuk menambah kapasitas yang baru lagi. Pada contoh yang saya kemukakan pada keterangan add-in di atas, board 32 K yang didapatkan pada waktu kita pertama membeli komputer merupakan suatu alat add-on.

Application, yaitu pada pemrosesan data, maka istilah ini digunakan untuk penggunaan komputer bagi pemecahan masalah tertentu atau bagi pelaksanaan tugas tertentu. Application sering juga digunakan untuk menyatakan suatu program.

Bandwith, yaitu jangkauan frequencies yang sanggup dibawa oleh suatu communication channel. Contoh: telepon yang jalurnya yang dapat membawa frequencies antara 300 dan 3000 hertz, memiliki bandwith sebesar 2700 Hz. Bandwith ini analog dengan kapasitas untuk membawa informasi, sama seperti diameter pipa menentukan berapa banyak air yang dapat digunakan pembawanya.

Blank, biasanya menyatakan characrter kosong (space, spasi,) meskipun blank jutga dapat menyatakan suatu byte di mana semua bitnya bernilai 0. Istilah ini sering membingungkan.

Bug, yaitu kesalahan dalam program yang menyebabkan program tak berjalan sebagaimana harusnya. Ini juga digunakan untuk menyatakan gangguan-gangguan pada hardware.

Byte, yaitu sekelompok bilangan tetap atau bit yang membentuk suatu character tertentu. Dikatakan juga untuk mesin instruksi, atau unit-unit logical informasi lainnya. Pola bitnya akan menentukan makna dari byte yang bersangkutan, seperti juga character yang tercetak menyampaikan suatu makna tertentu. Biasanya 1 byte terdiri dari 8 bit.

Card slot, yaitu suatu posisi pada printed circuit board yang terdapat pada suatu card cage atau suatu backplane.

CPU, yaitu singkatan dari central processing unit.

Character, yaitu dapat berbentuk huruf, nomor (digit) atau simbol grafis lainnya. Biasanya berbentuk byte.

Chip, yaitu suatu komponen elektronis kecil terbuat dari silikon, mengandung sirkuit-sirkuit yang kecil sekali. Ini juga dikenal dengan sebutan integrated circuit.

Circuit, yaitu suatu jalur listrik yang keluar dari sumbernya, melalui suatu resistensi yang melakukan kerja tertentu, dan kembali lagi ke sumbernya. Kadangkala juga harus melalui beberapa switch.

Digital, yaitu menyatakan informasi dengan mempergunakan nomor binary untuk memberikan simbol pada karakter atau nilai-nilai. Kebanyakan komputer merupakan mesin digital karena hanya dapat bekerja dengan informasi yang formatnya binary.

Firmware, yaitu program yang direkam secara permanen dalam PROM dan dengan demikian sudah menjadi bagian dari hardware yang melaksanakan fungsi-fungsi software. Juga dikenal dengan sebutan microcode.

Index, yaitu suatu daftar item-item dan pointer yang menyatakan di mana item-item dapat ditemukan. Ini dapat dibandingkan dengan indeks pada suatu buku.

Input, yaitu data yang dimasukkan ke dalam komputer.

Log off, yaitu menghentikan suatu session kerja pada terminal dan memindahkan terminal dari status aktif dalam sistem komputernya menjadi status yang tidak aktif. Dimasukkan suatu perintah melalui keyboard terminal (LOG OFF atau Bye), memberitahu pada sistem bahwa sekarang terminal itu tidak aktif lagi.

Log on, yaitu memulai suatu masa kerja pada terminal dan menempatkan terminal dalam status aktif dalam sistem komputernya.

Tag, yaitu satu atau lebih dari satu buah character yang disambungkan pada suatu item atau record sebagai pengidentifikasi.

Virtual, yaitu memberi kesan seakan-akan ada padahal tidak ada. Ini merupakan konsep yang penting pada sistem data processing skala medium sampai skala besar. Teknik-teknik virtual ‘menipu’ sistem komputer atau program sedemikian rupa, sehingga komputer atau program itu percaya bahwa sarana yang ada lebih banyak daripada yang sesungguhnya tersedia.

Demikian pengertian beberapa peristilahan dalam ilmu komputer yang perlu anda ketahui yang bisa saya tuliskan pada postingan kali ini. Silakan kritik atau ingin menambahkannya pada kotak komentar.

Salam sukses!

Related Posts:

Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
Bill Gates
Beberapa Kriteria Virus Komputer
Cara Menanggulangi Virus Komputer

Tips Dan Trik Ngeblog:

Cara Membuat Banner

Cara Menambahkan Situs Pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Mengefektifkan Ruang Postingan Dengan Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Nan Praktis Posting Blog di Blogger dan Wordpress
Cara Membuat Readmore Pada Posting Blogger
Cara Membuat Kotak Komentar Pada Posting Blogger

Read More......

Minggu, 16 Agustus 2009

Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur

Pernahkah anda mengalami masalah tinta printer kabur atau tulisan yang dihasilkan printer anda tidak jelas padahal isi tinta catridge masih banyak? Bila anda sudah lama berkutat dengan printer dan kebetulan sudah beberapa lama tidak menggunakannya lagi pasti pernah mengalami hal ini.

Apakah sebenarnya yang menyebabkan hasil cetakan printer jadi kabur dan putus-putus itu?

Jangan khawatir, anda tidak perlu mengganti catridge printer anda dengan yang baru karena catridge printer anda tidaklah rusak. Hal itu disebabkan oleh karena tinta membeku karena sudah lama tidak terpakai. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya…? Sabar, ya. Saya punya solusinya yang sering saya praktekkan sendiri. Ikutilah tutorial cara memperbaiki hasil cetakan printer yang kabur di bawah ini:

1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka dokumen word atau excel
2. Klik di sebelah atas kiri tulisan file – print
3. Klik tulisan properties pada program kerja printer anda
4. Klik tulisan maintenance
5. Sekarang telah timbul berbagai macam settingan atau pengaturan printer. Untuk mengatasi hasil cetakan printer yang kabur di sini terdapat dua pilihan, yaitu Cleaning dan deep cleaning. Pilihlah opsi pertama dulu yaitu cleaning. Opsi kedua dipilih apabila pilihan pertama masih tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.
6. Setelah anda mengklik pilihan Cleaning, akan muncul tulisan: “Do not start another operation until the cleaning has finished. After cleaning ends, execute nozzle check to check whether the print head nozzles have been undogged.” Yang artinya kurang lebih: “Jangan menjalankan program yang lain sampai proses pembersihan selesai. Setelah proses pembersihan selesai, lakukanlah pemeriksaan percikan tinta (dengan menekan nozzle check) untuk mengetahui apakah catridge sudah bisa memercikkan tinta dengan sempurna.”
7. Ada empat macam warna tinta yang harus anda periksa dengan menekan nozzle check dan print check pattern. Dalam hal ini printer anda dalam keadaan hidup. Setelah itu akan keluar hasil cetakan dengan menampilkan empat macam warna. Perhatikan, apakah masih ada di antara warna-warna tadi yang hasil cetakannya terputus-putus. Apabila masih ada, lakukanlah deep cleaning. Lakukanlah hal ini sampai tiga atau empat kali sampai hasil cetakan sempurna.
Perlu anda ketahui, semakin sering anda melakukan deep cleaning, semakin cepat tinta anda habis. Hal ini disebabkan pada proses cleaning itu printer melakukan percikan yang banyak untuk membuang tinta yang beku.

Apabila cara tersebut di atas masih tidak berhasil juga, cara lainnya adalah dengan merendam kepala catridge beberapa lama pada air hangat. Ingat, sewaktu memegang catridge jangan sampai memegang elemen samping dan bawah catridge karena hal ini bisa berakibat printer tidak akan dapat membaca catridge dan hal ini sangat fatal.

Masih tidak mendapatkan hasil yang diharapkan juga? Wah, kalau sampai cara terakhir di atas tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan juga, tidak ada cara lainnya lagi selain anda harus membeli catridge yang baru.

Yang terpenting daripada printer itu adalah cara merawatnya dan penjadwalan pemakaian printer. Jangan sampai anda tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan tinta membeku. Usahakanlah anda menggunakannya dalam waktu kurang dari seminggu. Mungkin dalam jangka waktu tiga hari anda harus memakai printer anda untuk mencetak walaupun hanya dengan selembar kertas saja.

Selamat mencoba. Semoga sukses!

Related Posts:




Read More......

Kamis, 13 Agustus 2009

Cara Menambahkan situs Pada Google

Cara menambahkan sebuah situs ke dalam hasil pencarian Google sangat mudah dan gratis. Bahkan anda tidak perlu melakukan submit atau mendaftarkan situs anda pada Google. Google adalah sebuah mesin pencari otomatis yang menggunakan sebuah perangkat lunak yang dikenal dengan sebutan “spiders” yang berfungsi untuk merayapi web dan menemukan situs-situs untuk ditambahkan pada daftar index Google. Pada kenyataannya, kebanyakan situs-situs yang telah terdaftar di dalam hasil pencarian Google tidaklah terdaftar secara manual, akan tetapi ditemukan dan ditambahkan secara otomatis ketika software “spiders” Google merayapi web.

Jika situs anda menawarkan produk tertentu, content, atau layanan (contohnya video, content, info bisnis lokal, atau daftar produk), anda dapat mencapai seluruh dunia dengan mendistribusikannya pada Google Web Search. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan kunjungi Google Content Central. Untuk bisa memastikan bahwa situs anda sudah ditambahkan pada index Google, silakan cari URL anda menggunakan browser pada Search Engine Google.
Meskipun Google mampu merayapi milyaran halaman, tak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa situs yang terlepas dari jaring “spiders”. Hal ini bisa disebabkan oleh salah satu dari beberapa alasan di bawah ini:

1. Situs itu tidak terhubung dengan baik melalui beberapa link dari situs-situs lain di internet
2. Situs itu diluncurkan setelah Google selesai menjaring situs
3. Desain dari situs itu membuat Google kesulitan untuk mengefektifkan penjaringan content situs itu
4. Situs itu tidak aktif dalam beberapa waktu ketika Google berupaya untuk melacaknya atau ada error ketika Google mencoba untuk menjaringnya. Untuk mengetahui hal ini anda bisa menggunakan Tool Google Webmaster untuk mengetahui apakah Google menerima pesan error ketika mencoba untuk menjaring situs anda.

Tujuan Google untuk menghadirkan content dari internet adalah betul-betul fair dan akurat. Untuk merealisasikan hal ini, Google mempunyai panduan sebagaimana tips untuk membangun situs pelacak yang user ramah. Sementara itu tidak ada jaminan bahwa spider Google akan menemukan situs-situs tertentu, dengan mengikuti panduan ini akan meningkatkan kesempatan situs anda untuk tampil pada hasil pencarian Google.
Pertimbangkanlah untuk mendaftarkan sebuah peta situs yang mendetail pada halaman situs anda. Peta situs atau Sitemaps adalah sebuah langkah yang mudah untuk anda untuk mendaftarkan semua URL anda ke dalam index Google dan mendapatkan laporan yang mendetail tentang kemunculan situs anda pada Google. Dengan Sitemaps, anda bisa secara otomatis membuat Google terus menginformasikan semua halaman anda di dalam beberapa update terbaru yang anda buat untuk halaman-halaman itu. Mohon Perhatian bahwa mendaftarkan sebuah peta situs tidak menjamin bahwa semua halaman situs anda akan dapat dijaring atau ditambahkan pada hasil pencarian.

Semoga Sukses!

Related Post:

Read More......

Cara Memasarkan bisnis online Melalui Internet

Anda memiliki sebuah website bisnis online? Apapun bentuknya, baik berupa toko online, situs atau blog yang mendapatkan penghasilan dari iklan, situs pribadi, perusahaan, situs program affiliate dan lain-lain, yang jelas semuanya pasti memerlukan satu cara atau trik tertentu agar bisnisnya atau blog anda itu dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyak kunjungan ke sebuah situs, semakin banyak juga peluan g mendapatkan penghasilan dari bisnis online tersebut. Lalu bagaimanakah memasarkan bisnis online melalui internet tersebut?

Sudah tidak dapat disangkal lagi bahwa banyaknya kunjungan ke sebuah situs adalah salah satu faktor penting bagi kesuksesan sebuah usaha online. Untuk melakukan hal ini diperlukan strategi promosi dengan mengoptimalkan Search Engine dan iklan yang akan saya uraikan di bawah ini.

1. Memanfaatkan Search Engine

Search Engine atau mesin pencari adalah pilihan pertama yang saat ini paling banyak digunakan untuk mencari informasi di internet. Untuk bisa terindex mesin pencari , memerlukan teknik SEO tersendiri yang telah saya bahas pada postingan yang terdahulu. Sembari belajar SEO, daftarkanlah URL situs bisnis anda di beberapa search engine berikut ini:
Google.com/addurl.html
Submit.search.yahoo.com/free/request
Addurl.altavista.com/addurl/new
Addurl.alltheweb.com/add_url
Submit2.jayde.com/
Overture.com/d/about/advertisers/
Addme.com
Search.msn.com/
Dll

2. Iklan Klik

Iklan klik adalah salah satu pilihan kebanyakan pelaku bisnis online untuk mempromosikan bisnisnya karena metode ini dianggap sangat ampuh dan terbukti mampu mendatangkan trafik dan keuntungan yang cukup signifikan. Anda dapat memanfaatkan iklan yang dibayar perklik seperti dari:
Google-adwords.google.com
Bidvertiser.com
Kliksaya.com
Kumpulblogger.com
Adsensecamp.com
Dll
Keuntungan iklan yang dibayar perklik ini adalah :
Anda hanya membayar jika iklan anda diklik orang
Dapat menentukan pengeluaran perhari, sehingga jika jumlah tagihan melebihi budget, maka iklan otomatis tidak akan ditayangkan.
Dapat menentukan segmen pengunjung yang diinginkan
Menentukan kata-kata pencarian tertentu saja, misalkan jika ada orang yang mencari kata bisnis maka iklan anda baru akan muncul.

3. Iklan Baris/Mini

Iklan mini dari dulu telah menjadi cara promosi bisnis online melalui internet yang cukup digemari para pelaku bisnis online. Pada iklan baris ini anda cuman cukup mendaftar kemudian menulis artikel iklan yang anda kehendaki. Selain itu memajang iklan pada iklan baris ini juga gratis dan mudah tanpa harus melalui proses dan persyaratan yang macam-macam. Oleh karena gratis, maka iklan baris juga memiliki kelemahan, yaitu setiap kali ada yang posting iklan baru, maka iklan kita otomatis akan turun ke bawah. Berikut beberapa alamat website iklan mini yang saya maksudkan:
www.iklanbaris.co.id
www.iklanmini.co.id
www.iklanbekas.com
dll.

4. Iklan Banner

Terdapat banyak sekali website yang menyediakan ruang untuk pemasangan banner berupa gambar. Website yang sudah populer yang memiliki pengunjung banyak biasanya memiliki tarif yang mahal namun umumnya efektif. Keuntungan iklan banner ini adalah ekspos iklan yang lebih tinggi yang didukung oleh popularitas web di mana anda memasang banner.

5. Komunitas

Cara memasarkan bisnis online yang tidak kalah populernya adalah dengan ikut aktif di forum-forum dan grup diskusi. Dengan cara ini secara tidak langsung anda dapat mengenalkan bisnis anda kepada komunitas yang umumnya memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Keuntungan dari bisnis ini adalah promosi anda lebih diterima karena anda merupakan bagian dari komunitas yang cukup dikenal di sana.
Seiring dengan kemajuan zaman, sebenarnya semakin lama semakin banyak saja cara dan trik orang mempromosikan dan memasarkan bisnis online melalui dunia maya atau internet. Namun pembahasan ini saya cukupkan sampai di sini saja. Saya persilakan para pengunjung untuk menambahkan atau memberi komentar di kolom kotak komentar yang telah saya sediakan. Tiap komentar yang berisi tanggapan atau pertanyaan Insya Allah akan saya tanggapi balik dan kunjungan balik ke blog atau situs anda. Terima kasih!
Semoga Sukses!


Read More......

Sabtu, 08 Agustus 2009

Bill Gates

Baru sebulan mengumumkan pensiunnya dari Microsoft, pendiri sekaligus Chairman raksasa Software, Bill Gates, dikabarkan mendirikan sebuah perusahaan baru. Apa ini merupakan salah satu rencana baru bisnis besar Bill Gates?
Tidak juga, dilansir dari situs teknologi TechFlash, Gates dikabarkan membangun sebuah perusahaan bernama BGC3 LLC (Limited Liability Company), sebuah lembaga think thank di bidang sains dan teknologi, yang akan mengkoordinasikan Microsoft dengan keperluan Filantropinya.

Perusahaan tersebut akan menyuplai ide-ide mereka ke Microsoft maupun yayasan yang dia dirikan, Bill dan Melinda Gates Foundation. Nantinya perusahaan ini akan bergerak di bidang layanan sains atau teknologi, riset dan analisis industri, serta desain dan pengembangan piranti keras dan piranti lunak.

Lalu kenapa perusahaan ini diberi nama BGC3? Ternyata itu adalah kepanjangan dari Bill Gate’s Catalyst Three. Three yang melambangkan perusahaan ini sebagai lembaga ketiga yang didirikan Gates (setelah Microsoft dan yayasan).
Perusahaan baru ini kantornya akan terletak di kantor Kirkland, daerah sub-urban dekat Redmond Washington, dan terpisah dari kantor Microsoft maupun kantor yayasan. Tentunya kantor ini juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir.
Orang-orang yang pernah mampir di kantor yang akan digunakan perusahaan baru ini mengatakan, kantor tersebut dipenuhi oleh beragam teknologi milik Microsoft, seperti komputer meja sentuh Surface, atau aplikasi buku tamu virtual.
Dalam sebuah surat kepada pemerintah lokal Kirkland, perwakilan Gates pernah memberitahukan bahwa total orang yang berada di kantor Kirkland hanya berkisar antara 40-60, termasuk karyawan maupun pengunjung.
Gates yang biasanya dikelilingi oleh orang-orang cerdas dan selalu antusias dan haus akan pengetahuan, kini akan lebih bebas mengeksplorasi masalah-masalah energi, bioteknologi, dan ekonomi global, ketimbang hanya sekedar ilmu komputer.
Sebelumnya, Gates juga sempat mendukung reaktor nuklir alternatif yang menghasilkan daya listrik tanpa limbah, yang digarap oleh mantan Chief Technology Officer Microsoft, Nathan Mhyrvold, melalu perusahaan baru yang dikepalai Nathan, Intellectual Ventures LLC.
Kabar ini menandai episode baru aktivitas Gates, yang pekan depan akan berulang tahun ke 53. Kini Gates memperluas fokusnya lebih jauh dari sekadar masalah pembajakan software, menjadi problem-problem teknologi, sains dan masyarakat.

Read More......

Pengalaman Membikin Blog

Pertama sekali saya bikin blog di Wordpress dan telah menghasilkan beberapa buah postingan. Dengan domain yang terkesan asal dapat, maklum baru belajar tanpa guru kecuali si mbah Google yang hanya diam saja kecuali kita mengajukan pertanyaan maka baru dia menjawab…., akhirnya saya mendapatkan jalan buntu, gak bisa meneruskan tulisan karena tidak sesuai antara nama domain dan pembahasan. Setelah itu saya bikin lagi blog Wordpress dengan domain lain dan mampu menghasilkan lebih banyak postingan, namun akhirnya berhenti juga karena tidak berhasil mendapatkan kunjungan dari orang lain kecuali satu atau dua orang saja.

Saya tidak menyerah sampai di situ. Setelah bertanya ke sana kemari dengan dipandu sama mbah Google, akhirnya saya mendapatkan petunjuk juga tentang cara dan trik meningkatkan trafik kunjungan ke blog. Buat apa bikin blog kalo yang membaca kita-kita juga, itu kan sia-sia namanya. He…he…he!

Pada awal 2009, perlahan tapi pasti akhirnya saya membikin blog lagi, kali ini di Blogger. Alasan saya memilih Blogger karena rasanya lebih mudah dimodifikasi dan bisa dipasangin script iklan, kan nanti bisa dapet komisi, mas dari iklan itu. He…he…he! Di Blogger ini akhirnya saya bisa meneruskan tulisan dengan sedikit nyaman dan tiap harinya telah mendapatkan kunjungan yang saat ini Agustus 2009 walaupun gak banyak dibandingkan blog yang sudah populer, tapi yah… lumayanlah untuk pemula. Lagipula postingan pada blog saya ini belum begitu banyak.

Pengalaman membikin blog ini cukup mengasyikkan juga, bahkan terkadang sampai sakit pinggang karena terlalu lama duduk di muka komputer. Tapi aku tidak menyerah, yah… hitung-hitung nambah ilmu dan pengalaman… Juga siapa tahu nanti bisa sukses mendapatkan penghasilan yang lumayan dari hobi ini seperti Blogger-blogger yang telah lama sukses pendahulu saya.

Maju terus, pantang menyerah Blogger-blogger Indonesia!

* Prinsip: Kalau orang lain bisa, kenapa kita nggak?

Read More......

Beberapa Kriteria Virus Komputer

Semua orang yang pekerjaannya bergelut dengan dunia komputer sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya virus komputer. Semua yang kenal dengan virus komputer pasti sangat benci dan terganggu sekali dengan keberadaan yang satu ini. Tidak jarang orang jadi stress karena pekerjaannya yang telah susah payah diselesaikan harus hilang atau rusak lantaran diserang oleh virus komputer.
By the way… lalu bagaimanakah cara menanggulangi virus komputer tersebut? Jangan khawatir, masalah ini sudah saya kupas pada tulisan saya sebelumnya. Silakan klik di sini.

Pada tulisan kali ini saya hanya akan membeberkan beberapa kriteria virus komputer yang perlu anda ketahui. Silakan simak uraian di bawah ini:
Suatu program dapat dikatakan virus komputer apabila terdapat padanya beberapa kriteria sebagai berikut:

1. Kemampuan untuk menggandakan informasi
Ternyata tidak hanya manusia, bahkan virus pun sebelum menulari sebuah data, program perusak ini memerlukan daftar nama-nama file yang akan dia tulari dalam suatu directory. Misalnya saja virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word akan mencari daftar file berekstensi *.doc. Di sinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, lalu memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat file yang tertular/terinfeksi virus atau file program itu sendiri dibuka oleh user. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya (biasanya) di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data akan hilang. Tetapi data-data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu diaktifkan. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

2. Kemampuan Memeriksa Suatu Program
Suatu virus juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari, misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc, maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataukah belum, karena jika sudah, akan percuma menularinya lagi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki atau memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus komputer tersebut. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
Ada beberapa cara yang dilakukan oleh virus untuk menulari atau menggandakan dirinya yaitu:
File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakanlah suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.
Program virus yang sudah dieksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpang seluruh file yang ada.

4. Kemampuan melakukan manipulasi
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file ataupun mempopulerkan pembuatnya! Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi. Misal:
- Membuat gambar atau pesan pada monitor
- Mengganti atau mengubah-ubah label dari tiap file, direktori atau label dari drive di PC
- Memanipulasi file yang ditulari
- Merusak file
- Mengacaukan kerja printer, dsb

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana
Langkah-langkah yang biasa dilakukan adalah:
- Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai
- Program virus diletakkan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri
- Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak terlalu berbahaya ukurannya
- Virus tidak mengubah keterangan/informasi waktu satu file
- dll

Demikian. Semoga bermanfaat!

Related Posts:

Internet:

Read More......

Rabu, 05 Agustus 2009

Tukaran Link Yuk

Keberadaan link sangat penting terhadap peringkat kemunculan halaman web di internet. Bagaimanakah arus link di dalam sebuah situs dan dari mana mereka berasal adalah faktor yang sangat penting bagi semua Search Engine. Search Engine melihat Links sebagai sebuah kepercayaan dari halaman web. Ketika sebuah tulisan yang diberi links itu relevan terhadap halaman web yang ditujukan oleh link tadi, Search Engine sangat menghargai ini dengan memberikannya peringkat atas padanya.

Oleh karena Pentingnya keberadaan link tadi, maka berlomba-lombalah para blogger untuk saling tukar link. Trik yang sama-sama menguntungkan ini telah menjadi trend dan disukai oleh para Blogger. Akan tetapi kuncinya adalah anda jangan sampai mengecewakan mereka. Artinya anda harus betul-betul menindaklanjuti ajakan yang mereka tawarkan itu. Jangan sampai anda tidak mencantumkan link mereka, padahal mereka telah dengan rela hati menambahkan link ke blog anda. Ini tidak sehat namanya.

Agar para blogger yang lainnya mau tukaran link dengan anda, tawarkanlah kepada mereka untuk saling bertukar link. Akan lebih effektif lagi, minta mereka untuk menuliskan judul postingan yang menarik pada back link anda.Pada kesempatan ini….. (kayak orang pidato aja,,, he..he..) Saya memberikan kesempatan kepada pembaca blog Tips Sukses ini untuk saling bertukar link. Syaratnya adalah anda ajukan permintaan untuk tukaran link di kotak komentar dan telah menambahkan link ke blog saya ini dengan memberikan judul sesuai dengan salah satu judul postingan yang menarik menurut anda. Nanti saya akan cek kebenarannya dan akan memberikan link balik ke blog anda. Terimakasih atas kerjasamanya.
Mari tukaran link yuk….

Bagi yang belum ngerti cara menambahkan link pada blog silakan klik link ini.
Semoga sukses selalu!

Related Posts:
Cara Mengefektifkan Ruang Postingan Dengan drop Down Menu
Trik Baru Nan Praktis Posting Blog di Blogger Dan Wordpress
Cara Membuat Readmore Pada Posting Blogger
Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger
Cara Menambahkan Link Blog Lain Pada Blog Kita

Read More......

Mengenal Google Adsense

Anda mempunyai sebuah blog atau website yang banyak dikunjungi orang? Jangan sia-siakan kerja keras anda itu, kini saatnya anda mendapatkan penghasilan tambahan dari Google Adsense. Anda sudah kenal Google Adsense?

Google Adsense adalah program yang dibuat oleh Google yang menampilkan iklan, maka isi dari iklan adsense tersebut biasanya adalah text link atau gambar yang commersil untuk dipasang pada sebuah website atau blog. Biasanya berupa text atau gambar yang mengandung link atau juga bisa berupa Search box atau kotak untuk pencarian. Google akan membayar pemasang dengan dolar setiap kali link tersebut di klik. Biasanya link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan isi dari website pemasang secara otomatis oleh Google. Misalnya, website pemasang Adsense berhubungan dengan ebook ada hubungannya dengan ebook.

Dari berbagai macam situs penyedia iklan untuk dipasang pada blog, sampai saat ini sepertinya Google Adsense tetap menjadi primadona atau impian para Blogger. Mereka terus melakukan berbagai upaya untuk mempunyai akun pada penyedia iklan yang membayar tiap kali iklan diklik orang ini. Banyak sekali blogger yang sukses mendapatkan penghasilan mencapai empat digit angka dolar bahkan lebih setiap bulannya. Sebut saja misalnya Cosa Aranda yang sering menjadi perbincangan orang karena kesuksesannya dengan Google Adsense. Bahkan kabarnya dia telah menghasilkan puluhan juta tiap bulannya yang dikirim oleh Google Adsense berupa cek. Dan masih banyak lagi orang yang sukses selain Cosa Aranda.

Lalu bagaimanakah cara atau syaratnya agar bisa diterima oleh Google Adsense? Untuk mengetahui persyaratan keanggotaan Google Adsense sudah saya posting pada tulisan saya yang terdahulu, silakan klik di sini.

Ada beberapa macam type adsense yang disediakan oleh google adsense, yaitu :

1. Adsense for content.
Type ini merupakan type yang biasa. Ini yang paling banyak digunakan orang. Bentuknya yaitu berupa iklan yang kita akan mendapatkan dollar jika ada yang mengklik iklan tersebut dengan kata lainnya yaitu PPC (Paid Per Click). Tapi kadang-kadang kita juga bisa mendapatkan dollar setiap 1000 impression/tampil (Paid Per Impression) , tapi untuk yang ini sepertinya hanya untuk iklan2 tertentu dan dibuka di negara2 tertentu.

2. Adsense for search.
Yang ini bentuknya berupa "Search engine". Kita hanya akan mendapatkan bayaran bila ada orang yang melakukan pencarian melalui search engine yang kita pasang di web/blog kita dan kemudian orang tersebut mengklik pada salah satu hasil pencarian yang berupa iklan, jadi tidak semua hasil pencarian itu berupa iklan yang dibayar. Biasanya yang diberi kotak dan ada tulisannya "Ads by google"

Anda tertarik untuk mendaftarkan blog anda pada Google Adsense? Silakan klik di sini.
Teruslah berusaha! Semoga sukses!


Related Posts:


Read More......

Selasa, 04 Agustus 2009

Cara Mengefektifkan Ruang Postingan Dengan Membuat Drop Down Menu

Seringkali kita dapati pada beberapa blog itu sudah penuh dengan link exchange atau arsip blog dan lain-lain. Hal ini akan sedikiti mengganggu karena terlalu banyaknya link yang harus ditampilkan pada setiap halaman blog. Untuk itu diperlukan cara untuk mengefektifkan ruang posting. Salah satu caranya adalah dengan membuat drop down menu. Drop Down menu berisi link ke blog kita atau ke blog lain yang tersimpan dalam satu kotak gulung. Apabila kita klik panah ke bawah maka akan muncul judul tulisan yang jika diklik akan membuka halaman atau blog lain.

Dengan dropdown menu kita bisa menghemat space/ruang di blog kita, karena dengan ukuran yang kecil seperti itu bisa menyimpan link dan text yang banyak. Itu bisa diisi dengan arsip, blogroll dll.
Gimana? Mau mencobanya?
Gini nih caranya :

Login ke blogger, trus masuk ke menu "Page Element" trus pilih Add page elements -->
Kemudian masukkan script berikut ini di kotak "Content" HTML/JavaScript.
H<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">
<option value="0" selected>Arsip Blog</option>
<option value="Links 1">Text 1</option>
<option value="Links 2">Text 2</option>
</select>
Text yang berwarna merah adalah link. ganti text2 tersebut dengan link2 kamu.
Text yang berwarna biru adalah tulisan yang ditampilkan. Itu juga harus km ganti.

Contohnya seperti ini :
<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">
<option value="0" selected>Arsip Blog</option>
<option value="http://ahrusdi.blogspot.com/2009/07/tutorial-belajar-bikin-blog-wordpress.html "> Tutorial belajar bikin blog Wordpress Bagi Pemula </option>
<option value=" http://ahrusdi.blogspot.com/2009/07/cara-membuat-readmore-pada-posting.html"> Cara Membuat read more pada posting blog </option>
</select>

untuk menambahkan menu lagi, tambahkan kode seperti ini :
<option value="Links 1">Text 1</option>
sebelum kode </select>
Link dalam dropdown menu di atas jika di klik akan membuka link di halaman yang sama. Ini cocok untuk Arsip dan link-link yang masih berhubungan dengan blog tsb.

Ada satu tipe lagi yang jika diklik linknya maka akan membuka window baru tanpa menutup blog kamu. Yang ini cocok untu Blogroll atau Friend link.
Cara mambuatnya seperti diatas tapi ganti kode berikut
<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">

ganti dengan kode ini :
<select onchange="javascript:window.open(this.options[this.selectedIndex].value);">

Sumber tulisan:
Selamat mencoba! Semoga sukses!

Trik dan Tips Yang Berhubungan:

Read More......

Minggu, 02 Agustus 2009

Tips Dalam Memilih Template Gratis Yang Bertebaran di Internet

Ada terdapat banyak sekali template Blogger dan Wordpress gratis di internet. Kita pun bebas untuk memilih template mana yang kita suka. Terkadang saya sendiri bingung menentukan pilihan mana yang cocok dengan tema yang saya tulis. Oleh karena itu saya terkadang suka mengganti template default yang selama ini saya pakai.

Masing-masing template yang banyak bertebaran di internet mempunyai fungsi dan kelebihan sendiri-sendiri. Misalkan saja ada template Blogger yang menyediakan kolom untuk pengisian kotak komentar, tetapi ada juga yang tidak tersedia. Untuk menambahkan kotak komentar, kita terpaksa melakukan pengeditan pada HTML template. Agak ribet memang, tapi kebanyakan orang jadi memilih yang demikian karena template ini mempunyai desain yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan sang blogger itu sendiri.
Berikut ini akan saya uraikan tips-tips dalam memilih template gratis yang bertebaran di internet:
Sesuaikan Dengan Jenis Blog
Ada berbagai macam alasan orang membuat sebuah blog atau website.
1. Sebagian orang membikin blog hanya sekedar menyalurkan hobi menulisnya saja
2. Ada yang ingin menumpahkan uneg-unegnya ke orang lain
3. Sebagai sarana informasi dari sebuah institusi atau perusahaan
4. Ada yang menjadikan blognya sebagai tambahan penghasilan atau bisnis
5. Situs berita
6. Berjualan barang secara online
Nah, dari beberapa jenis blog yang saya sebutkan di atas, manakah yang termasuk dalam blog anda?
Untuk yang nomor urut satu sampai tiga, biasanya cukup anda memilih template yang satu kolom saja atau dua saja. Hal ini tentu lebih praktis dan akan mempercepat loading blog anda karena tidak banyak widget atau aplikasi tambahan. Sebaliknya yang nomor urut empat sampai enam gunakanlah template yang mempunyai dua kolom atau lebih. Dengan demikian anda akan bisa menambahkan iklan pada samping postingan blog anda. Tapi yang perlu jangan sampai dilupakan di sini adalah usahakanlah menggunakan fitur widget seperlunya saja. Karena dengan banyaknya aplikasi yang bermacam-macam pada blog template anda menyebabkan loading blog menjadi lambat dan pengunjung pun akan enggan membuka blog anda itu. Bagusnya desain template dan banyaknya aplikasi tidak menjamin pengunjung akan betah balik ke blog anda. Yang lebih penting adalah isi dan kemudahan pengunjung masuk ke sebuah blog.

Pemilihan Warna

Pemilihan warna template yang tepat sangat mempengaruhi respon pengunjung terhadap situs kita. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema blog tersebut. Contohnya jika situs berisi tentang remaja atau anak-anak, pilihlah warna yang cerah seperti merah, biru, orange dan sebagainya.
Dalam ilmu jiwa, warna juga mencerminkan dari kepribadian seseorang. Begitu pula dengan template sebuah blog, sebaiknya warna juga mencerminkan dari tema blog tersebut. Berikut sedikit saya uraikan makna dari sebuah warna :
Hijau
Positif : Berhubungan dengan uang, p ertumbuhan, kesuburan, kesegaran, Penyembuhan
Negatif : Iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan
Merah
Positif : Cinta, energi, kekuasaan, kekuatan, penderitaan, panas
Negatif : Kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran
Merah Muda
Positif : Sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu
Negatif : Kelemahan, kewanitaan, ketidakdewasaan
Kuning
Positif : Terang, cerdas, energi, kreativitas, akal, bahagia
Negatif : Penakut, tidak bertanggung jawab, tidak stabil
Orange
Positif : Keberanian, kepercayaan, kehangatan, keramahan, keakraban, sukses
Negatif : Ketidaktahuan, melempem, keunggulan
Hitam
Positif : Perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas
Negatif : kerahasiaan, kematian, kejahatan, kegaiban.
Abu-abu
Positif : Keamanan, keandalan, kecerdasan, padat, konsevatif
Negatif : Muram, sedih.
Putih
Positif : Kebaikan, keadaan tak bersalah, kesucian, segar, gampang, bersih
Negatif : Musim dingin, dingin, jauh.
Nah, warna template yang manakah yang akan anda pilih? Semua terserah anda dan tidak ada peraturan yang melarang anda memilih template mana saja yang bertebaran gratis di internet.
Selamat berusaha. Semoga Sukses!

Read More......