Laman

Iklan

Rabu, 29 Juli 2009

Beberapa Aspek Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Sebuah Blog

Pada saat ini untuk membuat sebuah website atau blog sangatlah mudah. Semua orang pun bisa melakukannya asalkan mereka mau mencobanya dan belajar sedikit sudah bisa. Banyaknya penyedia tool-tool untuk membuat blog di internet seperti blogger dan Wordpress menjadikan semuanya sangat gampang. Hanya dengan melakukan beberapa kali klik, maka sebuah blog akan tercipta.
Yang biasanya menjadi masalah oleh sebagian blogger adalah mengenai kontent blog dan mendatangkan traffic kunjungan yang banyak ke blog mereka. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan kesabaran dan ketekunan serta beberapa aspek yang akan saya uraikan di bawah ini yang tentu saja semua ini mempengaruhi sikap pengunjung ke sebuah blog. Simaklah aspek-aspek penting dalam membuat sebuah blog yang saya maksudkan itu:

Kecepatan Loading Blog

Sangat penting anda perhatikan bahwa umumnya pengunjung ingin mendapatkan informasi secara cepat meskipun tampilan websitenya biasa-biasa saja. Jika terlalu lama untuk meloading atau membuka sebuah blog atau situs, maka para pengunjung akan merasa tidak nyaman dan langsung menutup halaman itu. Ingatlah bahwa tampilan website yang menarik dengan berbagai aplikasi yang digunakan tentu akan menyebabkan loading blog semakin lamban. Apa gunanya mempunyai sebuah blog dengan desain yang bagus, tetapi sepi pengunjung? Klik di sini untuk tips mempercepat proses loading blog.

Navigasi

Berilah pengunjung blog anda kemudahan untuk menjelajah blog anda. Taruhlah tombol-tombol navigasi yang berfungsi untuk mempermudah mereka dalam mencari informasi pada blog anda. Beberapa format navigasi yang bisa digunakan di antaranya: Papan navigasi, tombol, link, peta situs, Fasilitas pencarian, grafik.

Konsep Penulisan

Biasanya pengunjung yang sedang mencari informasi di internet melalui sebuah blog atau situs tidak akan mau berlama-lama membaca atau tidak mau membaca seluruh tulisan yang ada. Begitu mereka menemukan informasi yang mereka cari atau tulisan yang ada tidak begitu mengena dengan apa yang mereka maksudkan, pengunjung akan cepat-cepat kabur ke tempat lain. Oleh karena itu tidaklah efektif apabila informasi yang disajikan pada sebuah blog terlalu panjang dan berkesan berbelit-belit. Justru tulisan yang to the point dan ringkaslah yang sangat cocok disajikan dalam sebuah blog. Jadi janganlah buang-buang waktu anda dengan menulis artikel yang panjang pada sebuah halaman blog.

Mudah diakses

Adalah suatu hal yang sangat penting dipertimbangkan mengenai kemudahan dalam mengakses blog tanpa harus membedakan browser, sistem operasi, plug in dan lain-lain. Apabila website mudah diakses oleh pengunjung, maka hal ini akan membuat website atau blog anda mempunyai jumlah pengunjung yang banyak. Anda perlu menguji akses ke blog anda dengan menggunakan browser berbeda karena setiap browser mempunyai kemampuan akses yang berbeda-beda.

Grafik

Grafik sangat penting dalam sebuah blog, karena memiliki beberapa fungsi. Tapi perlu diingat, jika terlalu banyak menggunakan grafik, kemungkinan blog kita akan menimbulkan berbagai masalah. Usahakanlah menggunakan grafik seperlunya saja karena akan menambah waktu ketika pengunjung mendownload artikel yang diinginkan mereka.

Teknologi Terkini

Sebagai seorang blogger handal apalagi sebagai seorang web developer, tentu saja anda harus mengikuti perkembangan di dunia maya agar ketika merancang blog tidak timbul masalah akibat penggunaan teknologi yang sudah kadaluwarsa.

Demikianlah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah blog yang bisa saya tulis di sini. Segala kritik dan saran akan saya terima dengan lapang dada. Selamat bekerja. Semoga sukses!


Read More......

Selasa, 28 Juli 2009

Tips Dalam Membuat Blog Website Profesional

Di Indonesia kini sudah terdapat banyak sekali blogger dan webmaster. Blog dan situs dalam negeri pun kian banyak bertebaran di Indonesia. Yang turut menggembirakan adalah bahwa di antara blogger-blogger itu sudah banyak yang sukses dan mendapatkan penghasilan dari karya dan jerih payah mereka itu. Walaupun tidak dipungkiri juga bahwa sebagian dari mereka yang membikin blog hanya sekedar hobi dan tempat mencurahkan uneg-uneg di hati saja.
Kebanyakannya blogger-blogger yang sukses itu mengaku bahwa untuk mendapatkan kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan seperti yang sering didengung-dengungkan oleh iklan internet. Butuh perjuangan dan usaha yang terus-menerus untuk mencapai hasil yang diinginkan. Diperlukan pengetahuan khusus dalam merancang website profesional yang mendatangkan traffic kunjungan yang banyak dan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjugan itu.

Berikut beberapa tips dari blogger-blogger sukses dalam membuat website profesional

1. Halaman utama sebuah blog atau situs harus lebih spesifik supaya pengunjung dapat mengetahui produk yang kita tawarkan. Jangan sampai isi situs anda membuat pengunjung bingung atau tidak mengetahui produk apa sebenarnya yang anda tawarkan. karena tidak mengetahui atau menemukan apa yang mereka inginkan akhirnya dalam hitungan detik mereka pun angkat kaki dari situs anda.
2. Halaman utama harus dapat diakses maksimal 8 detik . Kalau untuk membuka situs anda pengunjung diharuskan menunggu proses loading yang lama, ini akan berpotensi hengkangnya mereka dari situs anda yang mengakibatkan orang tidak betah berkunjung lagi ke alamat anda.
3. Pilihlah warna latar belakang yang sesuai, jangan menggunakan warna yang tidak serasi dengan hati atau isi dari situs anda. Menurut ilmu jiwa warna hitam atau ungu melambangkan kesuraman, sedangkan warna orange melambangkan keceriaan. Pandai-pandailah dalam memilih warna dan menyesuaikan dengan produk yang anda tawarkan.
4. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan animasi, karena selain dapat memperlambat loading blog juga mengganggu konsentrasi pengunjung ketika membaca informasi yang anda sajikan. Sebuah blog atau website yang mempunyai tampilan menarik dengan hiasan animasi tidak menjamin situs anda akan menarik banyak kunjungan.
5. Usahakan tidak memasang iklan banner di bagian atas halaman situs anda. Batasi jumlah banner yang ditayangkan, maksimal dua dan idealnya cukup 1 banner. Perlu diingat, semakin banyak banner yang ditayangkan, semakin lama proses akses ke blog anda.
6. Periksa ejaan yang salah dan pastikanlah gambar dan link pada blog anda terhubung dengan baik pada waktu online. Jika sebuah situs atau blog terdapat beberapa link yang error akan menyebabkan situs tersebut nampak tidak profesional
7. Lengkapilah website anda dengan tombol navigasi yang mudah dan tersusun rapi pada bagian atas, kiri ataupun kanan. Jika menggunakan tombol dalam bentuk gambar akan menyebabkan proses akses lebih lama. Hal ini dikarenakan gambar memiliki ukuran yang cukup besar dan tentu saja akan memperlambat proses loading. Klik di sini untuk tips mempercepat proses loading blog.
8. Terlalu banyak klik yang mengharuskan pengunjung untuk berpindah ke halaman lainnya akan membuat pengunjung tidak nyaman. Jadi perhitungkanlah sebaik-baiknya jumlah klik ke halaman lain blog anda.
9. Jika menggunakan JAVA pada website anda maka harus digunakan dengan tepat. Tawarkan kepada JAVA atau no JAVA kepada pengunjung karena dapat mempengaruhi kinerja masing-masing browser. Hindari adanya iklan “pop up” karena jika terlalu sering akan membuat pengunjung menjadi bosan.
10. Jangan menambahkan ‘autoplay’ suara ketika seseorang mengunjungi situs anda. Tawarkanlah kepada mereka apakah ingin menggunakan intro beserta audio (suara) ataukah langsung ke halaman utama.
11. Periksa website anda dengan beberapa jenis browser karena masing-masing browser mempunyai kemampuan yang berbeda.
12. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengevaluasi peringkat nomor urut blog atau situs anda pada Search Engine. Apabila peringkat nomor urut blog anda pada hasil pencarian Search Engine menempati rating yang jelek,maka pertimbangkanlah untuk memperbaiki keyword dan kontent situs anda dan mengupdatenya. Buat apa mempunyai sebuah situs yang bagus kalau peringkat nomor urutnya pada Search Engine jelek. Hal ini menyebabkan blog atau situs anda sepi dari pengunjung dan segala jerih payah anda hanya akan sia-sia belaka.

Teruslah belajar. Jangan mudah menyerah. Semoga sukses!


Read More......

Sabtu, 25 Juli 2009

Trik Baru Nan Praktis Posting Blog Di Blogger Dan Wordpress

Tahukah kamu ternyata sudah beberapa tahun ini ada cara dan trik baru yang cukup praktis untuk memposting tulisan kamu di Blogger dan Wordpress?

Waah… trik baru? Caranya bagaimana, tuh? Pengin tau doong…!

Jangan khawatir. Saya akan segera memberikan trik dan cara baru untuk memposting tulisan di blog kamu itu. Silakan pelajari dengan seksama kalau memang kamu belum mengetahui trik baru tersebut. Bagi yang sudah tahu, silakan dikoreksi atau mau menambahkan apabila trik yang saya berikan ini ada kekurangan atau kesalahan silakan saja.

Perlu anda ketahui trik baru untuk memposting blog yang saya maksud di sini menggunakan Microsoft Word 2007. Bagi yang pada komputernya sudah terinstal program tersebut dapat menggunakan menerapkan trik yang saya berikan ini. Tapi bagi yang menggunakan Microsoft Word 2003, mohon maaf tidak ada aplikasi yang mendukung trik baru berikut ini. Solusinya terpaksa anda harus membeli atau pinjam sama teman CD Office 2007 tersebut untuk diinstal di komputer kamu.

Sebelum mulai menulis blog dan mempostingnya ke blog kamu yang sudah kamu daftarkan, terlebih dahulu kamu harus menghubungkan Word 2007 kamu dengan blog Wordpress atau Blogger. Cara atau triknya adalah sebagai berikut:
1. Klik ikon Office Button yang ada di pojok kiri atas jendela Word 2007.
2. Klik ikon New
3. Setelah itu pada kotak dialog New Document, kamu akan mendapatkan bahwa saat ini opsi yang sedang aktif adalah Blank dan recent.
4. Kliklah opsi New blog post di bagian Blank and recent.
5. Klik tombol Create.
6. Akan muncul kotak dialog ‘Register a Blog Account’. Silakan tekan tombol register now.
7. Pilihlah opsi Blogger atau Wordpress di dalam kotak kombo Blog pada kotak dialog New Blog Account.
8. Tekan tombol Next
9. Masukkan nama dan kata kunci Blogger kamu di dalam kotak teks User Name dan Password. Klik tombol OK.
10. Pada kotak dialog Picture Options, pilihlah My Own Server pada kotak kombo Picture Provider.
11. Selanjutnya masukkan alamat URL Blog kamu di dalam kotak teks Upload Provider dan Source URL.
12. Setelah tahapan-tahapan di atas anda lakukan dengan benar, maka pada lembar kerja Word 2007 akan muncul teks ‘Enter Post Title Here’. Maksudnya masukkan judul postingan kamu di sini. Sekarang kamu bisa menuliskan materi postingan apa saja di sini. Yang membuat trik ini menjadi praktis adalah sekarang kamu tidak perlu lagi mengkoneksikan komputer kamu dengan internet. Kamu bisa menulis secara offline. Hal ini tentunya akan menghemat biaya koneksi internet kamu.
13. Jika sudah selesai menulis isi posting blog kamu, dan kamu ingin mempublish tulisan itu sekarang maka kamu harus mengkoneksikan kembali komputer kamu dengan internet.
14. Klik Tab blog Post, kemudian tekanlah ikon Publish.
15. Masukkan User Name dan kata sandi kamu. Tekan Yes.
16. Beberapa saat kemudian muncul garis warna kuning dengan teks yang mengkonfirmasikan bahwa blog tersebut telah berhasil dipublishkan ke dalam blog kamu.
17. Selanjutnya kamu bisa mengecek di dalam blog kamu untuk memastikan bahwa posting kamu telah berhasil terpublikasi dengan menekan tombol Home Page di dalam Tab Blog Post.
18. Selamat. Kini kamu telah berhasil mempublikasikan tulisan kamu pada blog dengan cara dan trik baru yang lebih praktis ini.

Semoga sukses!



Read More......

Kamis, 23 Juli 2009

Tutorial Belajar Bikin Blog Wordpress Bagi Pemula

Mohon maaf bagi anda yang sudah mahir bikin blog, tutorial kali ini tidak untuk anda. Silakan buka halaman lainnya saja.

Pada tutorial kali ini saya khususkan bagi anda yang awam dan pemula sekali dalam belajar bikin blog. Ada berbagai macam fasilitas blog dari yang berbayar bahkan yang gratis. Pada tutorial kali ini kita mencoba belajar dari dasar bikin blog yang menggunakan blog Wordpress yang tentu saja gratis. Silakan ikuti tutorial belajar bikin blog Wordpress bagi pemula yang saya jelaskan selangkah-demi selangkah di bawah ini.

Hal yang pertama wajib dimiliki oleh seorang pemula yang ingin belajar bikin blog adalah dia harus mempunyai sebuah email. Anda bisa mendaftarkan diri pada Yahoo.com, gmail atau yang lainnya. Bagaimana? Tentu kalian sudah pada punya akun pada salah satu alamat email bukan? Email adalah salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh blogger, karena untuk mengaktifkan sebuah akun blog baru, blogger harus memverifikasi pendaftarannya yang dikirim oleh pengelola blog ke alamat email anda.

Cara Mendaftar di Blog Wordpress:
1. Tuliskan alamat www.wordpress.com pada browser anda.
2. Nah, situs Wordpress sudah terbuka. Sekarang lakukan proses pendaftaran dengan mengklik tulisan sign up now.
3. Terdapat tulisan ‘Get your own Wordpress.com acount in second’. Isilah kotak kosong yang telah disediakan sebagai berikut: Username, Password, Confirm password, Email address. Klik satu kali pada kotak di samping tulisan, ‘I have read and agree to the fascinating terms of service’. Klik tulisan Next.
4. Langkah selanjutnya adalah pendaftaran nama domain. Tahukan apa domain itu? Ya, itu lho, yang ada www.misal.com. Isikan blog domain dengan nama pilihan kamu. Isi blog title dengan judul blog yang akan kamu buat. Ganti bahasa blog admin dengan bahasa Indonesia. Beri tanda centang pada kotak Privacy. Sign up.
5. Muncul tulisan Check Your Email to complete registration. Hal ini perlu untuk melengkapi persyaratan pendaftaran. Buka email yang anda gunakan untuk melakukan pendaftaran tadi.
6. Periksa kotak masuk pada email anda. Terdapat pesan masuk dari pengelola Wordpress. Klik link yang mereka berikan di bawah tulisan: ‘click this link to activate your blog’.
7. Muncul tulisan your acount is now active. Selamat akun Wordpress anda sekarang sudah aktif. Untuk melakukan konfigurasi dan pengisian postingan, klik tulisan login. Isi nama pengguna dengan username pada pendaftaran anda tadi dan kata sandi dengan password anda.

Selesailah sudah proses pendaftaran blog Wordpress anda. Sekarang saatnya anda belajar melakukan konfigurasi dan pengisian postingan blog.


Konfigurasi dan Pengisian Postingan Blog Wordpress

1. Masuk ke wordpress.com. Loginlah dengan username dan password yang telah kamu buat sebelumnya. Sekarang kamu telah masuk ke dalam dashboard Wordpress.
2. Untuk mengisi tulisan, klik tulisan add new pada bawah Post. Isilah kotak isian atas dengan judul postingan kamu dan kotak di bawah dengan content atau isi pembahasan. Untuk menambahkan gambar klik add an image di sebelah upload/insert di atas kotak postingan.
3. Biasanya halaman pertama sebuah blog Wordpress akan ditampilkan 10 postingan dengan tulisan selengkapnya. Hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan dan memperlambat loading ke blog kamu. Untuk ini diperlukan menyingkat tulisan pada halaman pertama dengan hanya menampilkan sedikit tulisan pada alinea pertama dengan memenggal tulisan dan menampilkannya pada halaman berikutnya dengan mengklik tulisan ‘read more atau baca selengkapnya’. Caranya kamu harus menaruh cursor pada batas tulisan yang ingin kamu tampilkan pada halaman pertama dan mengklik tanda kotak putih di sebelah kiri tulisan ABC pada bagian atas. Akan muncul garis panjang yang memenggal tulisan kamu dan di ujungnya ada tulisan more.
4. Klik add new category untuk mengkategorikan pembahasan tulisan kamu ini.
5. Klik tulisan Publish untuk menerbitkan tulisan ini. Sekarang tulisan kamu sudah bisa ditampilkan pada halaman muka blog.
6. Untuk mengganti tampilan atau template yang ada sekarang tekan tulisan appearance, klik tulisan themes. Pilih salah satu dari beberapa template yang tersedia. Klik tulisan activate untuk mengaktifkan template baru kamu.
7. Untuk menambah unsur di sisi postingan sebuah template, drag atau geser widget ke sebelah kanan dan lakukan konfigurasi terserah kamu.
8. Untuk menambahkan link blog teman kamu, tekan tulisan link – add new. Isilah dengan deskripsi blognya dan alamatnya dengan http………
9. Untuk mengganti judul blog dan tagline (just another wordpress weblog) klik tulisan setting – general. Gantilah tulisannya dengan deskripsi dari blog kamu.
10. Selamat. Kini kamu sudah bisa melakukan konfigurasi dasar dan pengisian blog wordpess kamu. Untuk menguasainya lebih mendalam, belajarlah dari blogger lain dengan berkunjung ke blog mereka. Ada banyak sekali blogger-blogger ahli yang telah memberikan tips-tips dan tutorial bikin blog Wordpress dan lainnya di situs mereka.
Untuk melihat contoh tampilan blog di wordpress klik di sini.

Selamat belajar!
Semoga sukses!









Read More......

Rabu, 22 Juli 2009

Cara Membuat Readmore Pada Posting Blogger

Postingan terbaru blog baik pada Wordpress ataupun blogger akan selalu muncul pada halaman utama. Jika settingan pada admin tidak diatur, maka biasanya akan menyebabkan halaman utama menjadi penuh dan loading blog menjadi lambat, karena akan muncul sampai sepuluh halaman secara penuh. Hal ini tentunya tidak akan membuat pengunjung betah dan merasa nyaman.

Untuk mengatasi hal di atas ada cara menyingkat halaman utama, sehingga tidak semua tulisan akan muncul, melainkan hanya satu alinea atau sesuai yang kita kehendaki saja pada setiap judul postingan. Setelah satu aline, untuk membaca kelanjutan tulisannya biasanya untuk melanjutkan bacaan selengkapnya ditandai dengan tulisan read more pada akhir alinea itu. Untuk membuat read more pada Wordpress sangat mudah karena sudah ada aplikasi yang disediakan oleh Wordpress. Lalu bagaimanakah cara membuat readmore pada posting Blogger? Jangan khawatir, setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Ikutilah cara-caranya di bawah ini:

1. Masuk ke Tata Letak - Edit HTML.

2. Kasih tanda cek (centang) pada cekbox "expand widget template"

3. Cari kode ini di Template blog kamu (tempatnya kira-kira pada 1/4 bagian bawah kode html) :

<div class='post-body entry-content'>
kalo ketemu maka dibawahnya ada kode ini :
<p><data:post.body/></p>

4. Kalau sudah ketemu, hapus kode yang ini <p><data:post.body/></p>
diganti dengan yang seperti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>

<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>

Tulisan "Read More....." itu bisa diubah, misalnya jadi "Baca Selengkapnya".

5. Simpan hasil pengeditan.
6. Kemudian pilih menu Setting lalu pilih Formatting
7. Pada kotak Post Template isikan kode berikut:
<span class="fullpost">

</span>

8. Kemudian Simpan.

9. Ketika memposting, disana ada 2 tab pilihan, yang "Compose" dan "Edit Html", pilih Yang "Edit HTML", Maka secara otomatis akan tampak kode seperti berikut :
<span class="fullpost">

</span>
10. Letakkan abstraksi posting atau artikel yang akan ditampilkan dihalaman utama (sebelum tulisan "Readmore") diatas kode ini : <span class="fullpost">
sementara sisanya yaitu keseluruhan posting letakkan di antara kode <span class="fullpost"> dan </span>

11. Selesai. Silakan periksa hasilnya.

- Penting untuk diketahui, sebelum melakukan hal ini, langkah pertama adalah anda harus mengupload template anda ini ke komputer terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi menjaga terjadinya kesalahan pada pengeditan template tersebut, karena bila demikian maka bisa berabe…. Tapi jangan takut, kebanyakan orang berhasil melakukannya kok.

Related Posts:

Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Trik Baru Nan Praktis Posting Blog di Blogger dan Wordpress

Cara Mengefektifkan Ruang Postingan dengan Membuat Drop down Menu


Read More......

Cara Membuat Blog Secara Offline

Bagi seorang blogger pemula yang sedang belajar membuat blog, tentu saja untuk mencapai hasil sesuai yang diinginkan akan menghabiskan biaya koneksi internet yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, untuk mengutak-atik fungsi dan mensetting tampilan blog dibutuhkan koneksi internet. Bagi orang yang tidak punya panduan bikin blog dan hanya belajar secara otodidak akan kesulitan melakukannya. Lalu adakah cara agar bisa membuat blog secara offline?

Kabar gembiranya jawaban dari pertanyaan di atas tentu saja. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa membuat blog secara offline? Ikutilah cara-caranya di bawah ini:

Pertama-tama siapkanlah dulu beberapa software pendukung berikut ini:

Xampp (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
Appserv (http://www.appservnetwork.com/)
PHPTriad (http://download.cnet.com/PHPTriad/3000-10248_4-10048390.html)

Pilihlah salah satu dari software di atas. Selanjutnya anda juga harus memiliki Script Wordpress yang bisa anda download di sini. Ukuran filenya sebanyak 2,2 mb.
http://wordpress.org/latest.zip 2,2mb

Pada cara belajar membuat blog secara offline kali ini saya menggunakan software xampp untuk membuat database toko online dan script Wordpress.
Setelah semua file pendukung anda punya, hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah:

1. Install file xampp yang telah anda download pada komputer anda. Setelah instalasi selesai, klik finish dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah anda ingin menginstal XAMPP servers? Pilih No.
2. Berikutnya pilih Yes untuk melakukan setting awal control panel XAMPP.
3. Klik start pada Apache dan MySQL, lakukanlah hal ini tiap kali anda akan menjalankan aplikasi Wordpress, jika tidak maka Blog Wordpress yang anda buat tidak akan tampil pada browser secara offline.
4. Jika anda menggunakan Operating System Windows XP maka setelah menekan START akan muncul Windows security Alert. Pilih UNBLOCK agar bisa mengaktifkan aplikasi blog wordpress anda.
5. Copy Script Wordpress ke dalam C://Program files – Xampp – htdocs. Anda bisa mengganti nama folder Wordpress menjadi tips blog atau terserah anda.
6. Aktifkan browser anda. (Ingat, sebelumnya anda harus mengaktifkan XAMPP dan klik START pada Apache dan MySQL). Tuliskan pada browser anda: http://localhost/xampp/phpmyadmin/. Enter!
7. Tuliskan pada kotak Create new database nama folder Wordpress atau yang sudah anda ganti dengan nama lain tadi. Klik tulisan Create. Kini anda sudah mempunyai sebuah database yang masih kosong.
8. Selanjutnya tuliskan pada browser anda: http://localhost/Wordpress/. Ingat tulisan Wordpress harus diganti dengan nama database sesuai yang anda buat pada database tadi.
9. Klik tulisan ‘Create a configuration’ – lets go.
10. Isikanlah kotak isian dengan tulisan sebagai berikut:
Database name isikan dengan; wordpress.
Username: root. Password: kosongkan saja.
Database Host: Localhost
Table Prefix : WP_
11. Klik ‘Run the Install.

Selamat! Kini anda telah berhasil membuat Blog Wordpress secara offline pada komputer anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting Wordpress dan mengisi post blog anda.
Teruslah berkarya dan berkreasi. Sering-seringlah berkunjung ke blogger lain untuk menambah pengalaman blogging anda. Jangan malu untuk bertanya lewat kotak komentar yang telah mereka sediakan.
Ikutilah tips dan trik membuat blog saya berikutnya…..

Semoga Sukses!



Read More......

Selasa, 21 Juli 2009

Konfigurasi Pembayaran dan Pengiriman Barang Pada Toko Online Oscommerce

Alhamdulillah, akhirnya jadi juga saya menulis konfigurasi pengiriman dan pembayaran barang toko online oscommerce ini yang merupakan permintaan dari pembaca blog ini yaitu permintaan dari mas Ryan.

Memang jarang ditemukan blogger yang mau mengupas habis masalah konfigurasi menyeluruh toko online oscommerce atau lainnya dikarenakan panjangnya pembahasannya, dan karena alasan tertentu. Ada yang mau mengupas, tapi tidak tuntas. Untuk menuntaskan pembahasannya, pengunjung diharuskan membeli e-book atau buku pada situs mereka.


Berikut sedikit demi sedikit saya akan mencoba mengupas masalah konfigurasi pembayaran dan pengiriman Barang pada toko online Oscommerce:

Konfigurasi Metode Pembayaran Oscommerce
Metode pembayaran yang kebanyakannya dipakai pembeli dan mudah diakses akan membuat transaksi bisnis menjadi lebih efektif. Untuk mengaktifkan metode pembayaran, log in sebagai admin oscommerce, klik modules – Payment modules. Silakan pilih metode pembayaran yang anda inginkan. Setelah anda mengklik metode pembayaran pilihan anda, lalu kemudian klik install pada bagian sebelah kanan halaman.
Akan muncul tanda 0 pada metode pembayaran tersebut apabila anda sudah mengklik install. Untuk menghapus metode pembayaran itu, klik remove. Klik edit untuk mengedit jika menginginkan perubahan.

Perlu untuk diketahui agar anda melihat dua pilihan yang akan digunakan, yaitu Transaction Mode dan Sort order of display. Transaction mode digunakan untuk mengecek apakah link pembayaran sudah benar atau pada saat toko online belum diaktifkan. Saat sudah siap online, gunakan pilihan Production.

Sort order of display akan menampilkan urutan pilihan pembayaran dengan 0 sebagai pilihan utama.

Konfigurasi Pengiriman Barang
Masuk sebagai admin. Klik Modules – Shipping modules. Silakan pilih dengan mengklik metode shipping modules yang anda inginkan. Klik install. Untuk melakukan perubahan, klik edit.
Beragam pilihan metode ongkos pengiriman barang. Anda bisa menentukan salah satunya sebagai pilihan anda.

Hanya di sini saja mengenai konfigurasi pembayaran dan pengiriman barang pada toko online oscommerce. Anda bisa menambahkan kekurangannya pada kotak komentar.

Teruslah belajar dan berusaha. Jangan mudah putus asa.
Semoga sukses!

Read More......

Minggu, 19 Juli 2009

Beberapa Kelebihan dan Keuntungan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Salah satu di antara rahasia bisnisman yang sukses adalah bahwa mereka selalu mengikuti perkembangan zaman dan trend pasar. Sebagaimana diketahui bahwa pada saat ini kita sedang berada di zaman serba maju dan teknologi yang semakin canggih. Gaya hidup semua manusia di dunia ini pun ikut berubah. Dalam hal bisnis, perkembangan transaksi kebanyakan orang, terutama di negara yang telah maju sudah mulai berubah. Pada saat ini marak dilakukan transaksi yang bisa dikerjakan secara online tanpa harus saling mengenal dan melihat antara penjual dan pembeli atau yang lebih trendnya dengan sebutan E-commerce atau electronic commerce. Apakah E-commerce itu? Berikut adalah definisi dari beberapa pakar ahli:

1. Berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet. (Whatis.com)
2. Menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet (E-commerce.Net).
3. Suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E.Johnson).

Lalu apa sajakah kelebihan dan keuntungan berbisnis menggunakan E-commerce tersebut? Jangan ke mana-mana. Teruskan membaca kelanjutannya di bawah ini:


Kelebihan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Akses Tanpa Batas
Berbisnis menggunakan E-commerce menjadikan target marketing atau pasaran produk yang akan dijual tanpa batas. Hanya dengan bermodalkan sebuah URL yang terdaftar pada beberapa mesin pencari atau Serch Engine menjadikan sebuah web bisnis bisa dikunjungi oleh semua orang di seluruh dunia tanpa mengenal jarak dan waktu, bahkan bisa terus mendatangkan penghasilan 24 jam nonstop.

Memperpendek Jarak
Melakukan bisnis secara off line sudah barang tentu orang harus berada di tempat barang yang akan ditransaksikan itu berada. Bayangkan saja, untuk membeli sebuah produk orang harus pergi ke pasar dengan jarak tertentu dan terkadang harus melewati berbagai kemacetan lalu lintas karena padatnya jalan. Belum lagi satu produk yang tidak tersedia di suatu daerah dan untuk membelinya orang terpaksa harus pergi ke luar daerah tersebut, bayangkan berapa ongkos yang harus dikeluarkan dan berapa banyak waktu yang terbuang.
Berbisnis dengan menggunakan E-commerce membuat jarak yang tadinya jauh menjadi sangat dekat. Bahkan orang bisa melakukannya dari sebuah kamar tidur dan hanya bermodalkan sebuah komputer yang terhubung ke internet. Transaksi bisa dilakukan secara online dan pembayaran dilakukan secara transfer antar bank. Dalam beberapa hari barang akan sampai ke rumah karena menggunakan jasa perusahaan pengiriman barang.

Bekerja 24 Jam
Jangan kuatir. Bukan anda yang bekerja 24 jam, tapi toko online anda. Anda setiap hari hanya memerlukan sedikit waktu untuk bekerja. Tugas anda hanyalah memeriksa pesanan yang masuk dan melakukan pengiriman barang.

Keuntungan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Murah dan Efisien
Untuk mulai melakukan bisnis online tidak diperlukan modal besar yang mencapai ratusan juta rupiah seperti yang dilakukan oleh bisnisman yang harus menghabiskan tabungannya hanya untuk membeli sebuah tempat atau toko. Belum lagi harus menyediakan produk yang akan dijual. Tentu tak terhitung dana yang harus dikeluarkan.
Berbeda sekali dengan berbisnis secara online. Dengan bermodalkan hanya beberapa ratus ribu rupiah, orang sudah bisa memiliki sebuah toko di internet yang dapat diisi dengan berbagai produk yang akan dijual.
Lebih untung lagi adalah bahwa orang tidak wajib memiliki barang yang akan dijual dan telah dipajangnya pada toko online tersebut. Lho? Jangan heran. Anda pun bisa hanya dengan mempunyai sebuah gambar dan menguploadnya ke toko online anda. Barang tersebut akan anda punyai setelah ada orang memesannya dengan cara membelinya di toko langganan anda. Paham?

Menghemat Uang
Benar. Bahkan hanya dengan bekerja sendiri pun anda bisa melakukan bisnis E-commerce ini tanpa bantuan seorang pun karyawan. Anda cukup memeriksa pesanan yang masuk dan mencek kebenaran transfer uang pembeli. Setelah itu anda bisa menghubungi perusahaan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan pesanan ke tempat pembeli. Tentu hal ini akan menghemat uang anda karena tidak ada karyawan yang harus anda gaji tiap bulannya.


Naah…. bagaimana setelah anda membaca tulisan di atas? Anda tertarik untuk memulai bisnis online?
Teruslah belajar dan berusaha. Pantang menyerah.
Semoga sukses!

Read More......

Cara Mengganti Template Toko Online Oscommerce

Template atau tampilan dasar sebuah toko online sangat perlu disesuaikan dengan produk apa yang nantinya akan dijual. Template dengan tampilan warna background hitam, rasanya tidak sesuai dengan toko online yang menjual produk pakaian atau mainan anak-anak. Untuk hal ini diperlukan penyesuaian template dengan isi blog apalagi toko online. Tapi untuk mengganti template toko online tidak sama caranya dengan mengganti template sebuah blog atau situs yang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Sulit?

Anda jangan khawatir. Semua orang bisa kok melakukannya. Ikutilah panduan dari kami mengenai cara mengganti template toko online Oscommerce berikut ini:

1. Siapkan dulu sebuah template pada komputer anda. Untuk memperoleh template ini anda bisa mendapatkannya dengan membelinya pada alamat: Algozone.com, templatemonster.com, oscommercetemplates.com dan banyak lagi yang lainnya… he..he..he! Seperti lagu Pa Haji Oma aja.
2. Malas beli template? Mau yang gratisan? Ada kok. Nih, alamatnya: http://addons.oscommerce.com/category/Templates_and_Themes, atau ada juga di alamat: http://ecommerce-tutor.blogspot.com. Atau anda bisa juga cari alamatnya sendiri dengan mengetikkan kata kunci ‘download template oscommerce’ pada browser anda. Semua terserah anda…
3. Setelah punya template, sebelum mengganti template anda, back up dulu seluruh file dari server webhosting domain anda ke komputer menggunakan ftp. Back up ini sangat penting dilakukan karena menjaga kemungkinan anda kehilangan data yang penting sewaktu menggunakan template baru dan agar anda bisa kembali ke template asal bila sewaktu-waktu anda menginginkannya.
4. Sudah? Bila sudah, sekarang upload file dan direktori template yang baru dengan cara: Unzip semua file dalam template yang berisi direktori / file sebagai berikut: images/
Includes/
Classes/
Boxes.php
Stylesheets.css
Header.php
Footer.php
Column_right.php
Column_left.php
5. Upload file dan direktori tersebut melalui ftp
6. Refresh halaman depan toko online untuk melihat hasilnya

Catatan penting:
Anda tidak perlu mengupload file column_right.php dan column_left.php jika sudah melakukan setting terhadap kedua file ini.
Bagaimana? Mudah bukan?

Oke, deh. Selamat bekerja dan semoga sukses selalu untuk kita semua?
Amien!


Read More......

Jumat, 17 Juli 2009

Cara Mempromosikan Website Toko Online

Klik di sini untuk melihat tulisan sebelumnya…

Setelah website toko online anda sudah jadi dan berbagai produk barang yang siap dijual pun telah anda sajikan, hal yang terpenting anda lakukan sekarang adalah mempromosikan Website toko online anda itu ke banyak alamat. Tanpa adanya promosi ini tentu toko online anda akan sepi pembeli dan sepi pengunjungnya.

Lalu bagaimanakah cara mempromosikan website toko online anda itu? Ikutilah tips-tips saya berikut ini:

Promosi Offline

Jangan anda beranggapan bahwa promosi secara offline tidak lebih baik dibandingkan dengan promosi secara online. Sesungguhnya promosi secara offline juga mampu mendongkrak kunjungan yang cukup lumayan.
Beberapa media yang bisa digunakan untuk ini di antaranya adalah:
1. Kartu nama
2. Katalog
3. Stiker
4. Koran
5. Majalah
6. dll

Promosi Online

1. Search Engine
Search Engine atau mesin pencari adalah suatu pilihan yang sangat penting yang banyak digunakan orang untuk mencari informasi di internet. Untuk bisa terindex oleh mesin pencari, daftarkanlah URL toko online anda ke beberapa Search Engine terkenal berikut:
a. Google.com/addurl.html
b. Submit.search.yahoo.com/free/request
c. Addurl.altavista.com/addurl/new
d. Addurl.alltheweb.com/add_url
e. Submit2.jayde.com/
f. Overture.com/d/about/advertisers/
g. Dll…

2. Internet Directory
Selain pada mesin pencari, daftarkan juga URL toko online anda pada internet directory sebagai berikut:
a. Docs.yahoo.com/info/suggest/
b. Mamma.whatuseek.com/
c. Dmoz.org
d. Ask.ineedhits.com/
e. Looksmart.com
f. Submitexpress.com
g. Internet-directory.com/

3. Iklan Baris
Ada banyak sekali situs untuk memasang iklan baris di internet. Anda bisa mendaftarkan diri ke banyak situs penyedia iklan baris untuk memasang URL toko online anda. Di antara situs yang menyediakan pemasangan iklan baris di antaranya:
a. e-yellow-pages.info
b. javamart.net
c. yellowpages.com
d. yellowpages.com.au
e. e-traderworld.com
f. classifiedads.com
g. usfreeads.com
h. yellow.com
i. superpages.com
j. dll…..

4. Link Banner
Yaitu pertukaran banner atau link URL dengan pemilik domain lain. Pertukaran link dan banner terbukti sangat membantu dalam perolehan kunjungan dan popularitas. Daftarkanlah ke alamat di bawah ini:
a. Getlinknow.com
b. Ukwebmasterworld.net
c. Buildtrafficx.com
d. Everhub.com
e. Linkreferral.com
f. Bannermaker.in/banner-exchange-list.html
g. Americanbannerexchange.com/
h. Linkbuddies.com/
i. Showyoursite.com/
j. Build-reprirocal-links.com/
k. Dll…..
Selain situs-situs resmi di atas, anda pun dapat melakukan pertukaran link dengan pemilik blog dengan mengetikkan kata kunci ‘tukaran link yuk’. Ada banyak sekali situs dan pemilik blog yang bersedia melakukan pertukaran link dengan anda.

5. Pay Per Click (PPC)
Tidak diragukan lagi bahwa layanan pemasangan iklan dengan cara membayar per klik iklan adalah satu cara promosi ampuh dengan modal minimal.
Mengikuti program pemasangan iklan dengan layanan PPC berarti anda bersedia membayar dengan sejumlah uang yang bisa anda tentukan sendiri untuk tiap klik iklan anda. Beberapa layanan PPC sekarang sudah bermunculan di Indonesia. Anda bisa mendaftarkan URL toko online anda ke situs PPC Indonesia saja apabila ruang lingkup pelanggan anda berasal dari dalam negeri seperti:
a. Adsensecamp.com
b. Kumpulblogger.com
c. Kliksaya.com
d. Dll…..

Seberapa banyaknya anda ingin mendapatkan hasil dan keuntungan dari bisnis anda itu semuanya adalah tergantung dari ketekunan anda di dalam mempromosikan toko online anda itu.

Selamat bekerja!
Semoga sukses!

Read More......

Rabu, 15 Juli 2009

Cara Mengubah Bahasa Toko Online Oscommerce Ke Bahasa Indonesia

Selamat bagi anda yang sudah mempunyai toko online dan telah menjalankan usahanya berdagang lewat internet yang sekarang kayaknya sedikit-demi sedikit mulai trend di Indonesia.

Walaupun cara bertransaksi melalui internet dan toko online cukup mudah, akan tetapi bagi sebagian orang yang tidak mahir bahasa Inggris akan mengalami kesulitan untuk memahami cara melakukan transaksi produknya karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bahkan sebagian lagi ada yang menggunakan kurs dolar sebagai mata uangnya. Hal ini tentu akan menyulitkan pembeli.

Memang, karena script toko online yang digunakan menggunakan script produk luar negeri, jadinya bahasa yang digunakan menggunakan bahasa Inggris. Tetapi jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan mudah karena seben
arnya bahasa toko online khususnya oscommerce bisa diubah ke bahasa Indonesia tulen. Bagaimana cara mengubahnya ke bahasa Indonesia? Ikuti trik berikut ini:

1. Anda harus mempunyai script file oscommerce terjemahan ke bahasa Indonesia dengan cara mengunduhnya pada alamat: www.oscommerce.com/community/contributions dan kemudian di upload pada folder admin/includes/langu
ages.
2. Lakukanlah settingan perubahan bahasa dengan cara login sebagai admin dan klik localization – languages. Isikanlah kolom isian sesuai dengan gambar di bawah ini:

3. Klik Update. Selamat! Anda telah berhasil mengganti bahasa toko online anda ke dalam bahasa Indonesia.

Lalu bagaimanakah caranya mengubah mata uang dollar ke dalam rupiah? Caranya ikutilah petunjuk di bawah ini:

1. Masih pada admin oscommerce anda, kli
k localization – Currencies. Isikanlah kolom isian sesuai tulisan yang ada pada gambar di bawah ini, kecuali pada kolom value, isikan dengan angka 9000:

2. Klik update. Kini silakan refresh browser anda.
3. Selamat. Kini anda telah berhasil mengubah mata uang dollar ke dalam rupiah.

Teruslah berkarya. Jangan menyerah pada satu kali kegagalan. Ingat! Kegagalan adalah langkah awal menuju sukses!

Related Posts:
Beberapa kelebihan dan keuntungan berbisnis menggunakan e-commerce
Cara mengganti template toko online os commerce
Cara mempromosikan website toko online
Trik belajar membuat toko online secara offline
Panduan membuat toko online

Konfigurasi pembayaran dan pengiriman barang pada toko online oscommerce
Cara menginstal toko online oscommerce

Read More......

Cara Menginstal toko online oscommerce

Berikut ini adalah kelanjutan dari postingan terdahulu. Bagi yang belum membacanya, silakan klik di sini untuk mempelajarinya.

Cara menginstal toko online oscommerce di komputer sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya diperlukan sedikit tips dan panduannya yang akan saya uraikan di bawah ini.

Setelah nama database dibuat, script oscommerce dapat diinstal pada komputer seca
ra offline dengan cara mengcopy script oscommerce ke dalam folder: c:\program files\xampp\htdocs terlebih dahulu. Pastikan nama folder oscommerce telah anda ubah atau sesuaikan dengan nama database yang telah anda buat sebelumnya. Untuk melakukan instalasi toko online oscommercenya ikuti langkah-langkah ini:

1. Ketikkan alamat: http://localhost/oscommerce/install/ di browser anda. Tekan enter. (Ingat, nama oscommerce harus disesuaikan dengan nama database yang telah anda buat dan sesuai dengan folder yang anda copy kan tadi).
2. Kalau sudah benar, maka akan keluar tampilan halaman muka oscommerce. Klik continue.
3. Selanjutnya setting database dengan mengisi server username, password dan nama database. Database server isi dengan localhost, username: root, Password: kosongkan saja, Database name: oscommerc
e. Klik continue.
4. Klik Continue sekali lagi lalu isikan setting umum toko online. Setelah selesai diisi semuanya, sekarang… klik continue laaaagi deh..
5. Instalasi toko online oscommerce sudah selesai. Kalo mau melihat halaman depan toko online klik catalog. Ini contoh gambarnya:










Oh, ya. Kalo mau menjalankan toko online ini secara offline, maka kamu harus mengaktifkan aplikasi xampp terlebih dulu dengan mengkliknya dua kali dan menekan start pertama dan kedua. Setelah itu buka browser kamu dan ketikkan alamat: http://localhost/oscommerce/. Untuk membukan halaman administrator, ketikkan alamat ini: http://localhost/oscommerce/admin/.

Oke, sekarang bagaimana caranya agar kita bisa memasukkan gambar produk yang akan dijual di toko ini?

1. Masuklah sebagai admin dan isikan username dan password anda.
2. Klik catalog – new category. Isi sesuai dengan jenis produk barang anda.
3. Klik nama category yang telah anda buat tadi. Lalu new product. Isilah product description dengan gambaran tentang produk yang akan anda jual itu.
4. Nah, sekarang anda bisa bebas memasukkan gambar produk barang anda.

Sampai di sini saja penjelasan tentang cara instalasi toko online oscommerce. Untuk berikutnya silakan anda pelajari sendiri dengan tekun. Saya akan kembali melanjutkan memposting masalah ini apabila banyak permintaan.

Selamat bekerja
Semoga sukses.







Read More......

Selasa, 14 Juli 2009

Cara Membuat Blog Pada Blogspot

Akhir-akhir ini penggunaan istilah blog sangat terkenal di dunia internet. Hampir setiap pengguna internet di seluruh dunia tahu apa itu blog. Dan sebagian besar dari mereka telah menjadi pengguna blog itu atau dalam istilah dunia maya disebut dengan blogger.

Blog tidak jauh berbeda dengan website. Perbedaannya hanya kalau website atau situs menyediakan informasi satu arah saja bagi pengunjungnya, sedangkan blog menyediakan informasi secara dua arah, maksudnya para pengunjung pun bisa memberikan komentar tentang artikel atau tulisan yang telah disediakan oleh pengelola atau admin. Nama atau istilah lain dari blog adalah CMS atau Content Management Sistem. Sedangkan orang yang mempunyai blog disebut dengan blogger.

Semakin lama semakin banyak jenis blog yang bertebaran di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk versi gratisnya ada dua macam penyedia layanan ini yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan orang, yaitu ‘Blogspot dan Wordpress.’
Lalu bagaimanakah cara membuat blog pada Blogspot? Baiklah simak baik-baik di bawah ini:

1. Sebelum mendaftarkan diri pada blogspot, pertama-tama yang harus anda punyai adalah sebuah email pada Google atau Gmail.

2. Setelah anda mempunyai akun Google atau sudah punya email dari Gmail, maka cara berikutnya adalah anda masuk ke alamat www.blogger.com.

3. Klik tulisan ‘Ciptakan Blog Anda’. Nah, sampai di sini anda di minta untuk mengisi kotak-kotak isian yang telah disediakan. Isilah sesuai dengan perintah yang diberikan. Setelah semua terisi, centang tulisan saya menerima persyaratan dan layanan dan diteruskan dengan mengklik tulisan ‘lanjutkan’.

4. Langkah selanjutnya anda diminta untuk memberi nama blog anda. Isilah sesuai dengan keinginan anda. Misalkan saja namanya: ‘Berbagi Pengalaman, atau Tips Blog atau Tips Sukses’ dan lain-lain sesuai kehendak dan tema yang anda kuasai. Berikutnya anda diminta untuk memberi alamat blog anda. Contoh: http://tipssukses.blogspot.com atau anda pun juga bisa memberi alamat dengan http://namaanda.blogspot.com. Dalam hal ini, saya pribadi telah memberi nama blog saya ini dengan nama saya sendiri, yaitu: http://ahrusdi.blogspot.com. Oh, ya perlu diingat bahwa pemberian alamat tidak akan berhasil apabila alamat yang anda diberikan itu sudah digunakan oleh orang lain. Solusinya adalah anda harus mencari nama yang lain. Klik tulisan lanjutkan.

5. Langkah berikutnya adalah memasuki tahap yang terakhir pada cara membuat blog pada blogspot atau blogger ini yaitu memilih tampilan atau template. Centang salah satu template gratis yang disediakan oleh blogspot yang anda suka lalu klik tulisan lanjutkan. Setelah semuanya selesai, maka muncul pesan: “Blog anda telah diciptakan.” Dengan begini berarti anda telah selesai membuat blog pada blogspot. Sekarang yang harus anda lakukan adalah mengisi blog anda dengan artikel yang telah anda siapkan.

6. Apabila anda sudah keluar dari blogger, dan pada lain waktu ingin kembali lagi memberi tulisan pada posting blog anda, maka caranya adalah anda ketikkan alamat www.blogger.com pada browser anda lalu sign in menggunakan alamat Gmail kamu. Klik tulisan entri baru. Silakan tulis artikel yang telah anda siapkan pada kotak isian.


Selamat bekerja

Semoga sukses!









Read More......

Sabtu, 11 Juli 2009

Trik Belajar Membuat Toko Online Secara Offline

Webstore atau toko online saat ini terus berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak hanya di luar negeri, bahkan di dalam negeri sendiri pun toko online banyak dipergunakan orang. Toko online memberikan kemudahan bagi orang yang ingin melakukan transaksi tanpa harus meninggalkan rumah dan terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Segala macam produk bisa diperjualbelikan melalui toko online, misalkan saja buku, elektronik, pakaian, aksessories, peralatan rumah tangga bahkan sampai kepada usaha di bidang jasa pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan web toko online tersebut.

Untuk membuat toko online bagi pemula tidak semudah membuat blog atau situs biasa seperti Wordpress atau Blogspot. Dibutuhkan waktu yang agak lama untuk mempelajari dan memahami trik-trik dalam membuat toko online. Untuk belajar membuat toko online sambil menghubungkan komputer ke jaringan internet tentu akan banyak menghabiskan biaya koneksi internet. Lalu apakah ada cara arau trik belajar membuat toko online dengan biaya koneksi internet yang murah?


Jawaban dari pertanyaan di atas tentu saja jawabannya ada. Bahkan yang lebih menggembirakan adalah anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya koneksi internet sama sekali. Caranya……? Kini anda bisa belajar membuat toko online atau bahkan
Blog secara offline. Ikutilah trik belajar membuat toko online secara offline yang saya uraikan di bawah ini:

Software Yang Dibutuhkan:

Instalasi aplikasi pendukung toko online atau blog agar toko online bisa dijalankan di komputer menggunakan software-software antara lain (pilih salah satu) :
Xampp (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
Appserv (http://www.appservnetwork.com/)
PHPTriad (http://download.cnet.com/PHPTriad/3000-10248_4-10048390.html)

Script toko online
Di internet terdapat banyak sekali script toko online yang bisa anda download baik yang versi berbayar atau gratis. Contoh yang gratis (pilih salah satu):
Oscommerce.com
Zen-Cart.com
Virtuemart.net
Bosscart.com
Commerce-cgi.com
Dll….

Pada trik belajar membuat toko online secara offline kali ini saya menggunakan software xampp untuk membuat database toko online dan script toko online menggunakan Oscommerce.
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah:

1. Install file xampp yang telah anda download pada komputer anda. Setelah instalasi selesai, klik finish dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah anda ingin menginstal XAMPP servers? Pilih No.
2. Berikutnya pilih Yes untuk melakukan setting awal control panel XAMPP.
3. Klik start pada Apache dan MySQL, lakukanlah hal ini tiap kali anda akan menjalankan aplikasi Oscommerce, jika tidak maka toko online yang anda buat tidak akan tampil pada browser secara offline.
4. Jika anda menggunakan Operating System Windows XP maka setelah menekan START akan muncul Windows security Alert. Pilih UNBLOCK agar bisa mengaktifkan aplikasi toko online anda.
5. Copy Script Oscommerce ke dalam C://Program files – Xampp – htdocs. Anda bisa mengganti nama folder Oscommerce menjadi toko online atau terserah anda.
6. Aktifkan browser anda. (Ingat, sebelumnya anda harus mengaktifkan XAMPP dan klik START pada Apache dan MySQL). Tuliskan pada browser anda: http://localhost/xampp/phpmyadmin/. Enter!
7. Tuliskan pada kotak Create new database nama folder oscommerce atau yang sudah anda ganti dengan nama lain tadi. Klik tulisan Create. Kini anda sudah mempunyai sebuah database yang masih kosong.
8. Selanjutnya tuliskan pada browser anda: http://localhost/oscommerce/install/. Ingat tulisan oscommerce harus diganti dengan nama database sesuai yang anda buat pada database tadi. Ikutilah petunjuk yang diberikan selanjutnya.


Selamat! Kini anda telah berhasil menginstall toko online menggunakan script oscommerce secara offline pada komputer anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting toko online sesuai kehendak anda. Ikutilah tips dan trik membuat toko online saya berikutnya…..

Semoga Sukses!

Read More......