Laman

Iklan

Sabtu, 31 Januari 2009

MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata merupakan salah satu indera manusia yang paling vital. Ketiadaan indera yang satu ini membuat manusia berada dalam kegelapan sepanjang hidupnya. Karena itulah maka menjaga kesehatan mata sangat penting sekali bagi kita.

Pernahkah anda membayangkan kehilangan penglihatan?

Apabila saat ini anda bisa bernapas lega karena memiliki mata yang berfungsi normal, bukan berarti besok bisa mempertahankan penglihatan itu.
Sebagaimana hasil survei Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), kebutaan adalah problema kesehatan masyarakat dan problema sosial ekonomi yang serius di setiap negara, terutama negara berkembang.
Tingkat kebutaan di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara, yaitu sebesar 1,5 persen. Sedangkan dalam catatan WHO, tingkat kebutaan di Indonesia berada di urutan ketiga dunia, sebesar 1,47 persen.
Dari catatan WHO, 75 persen kebutaan di dunia sebenarnya dapat dicegah dan diobati. Sebab sebagian besar kebutaan disebabkan oleh katarak. Selain katarak, trauma mata pun bisa menyebabkan kabutaan unilateral. Jenis kebutaan ini bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa muda. Trauma mata banyak terjadi pada kecelakaan kerja maupun kecelakaan lalu lintas. Bisa ringan sampai sangat berat bahkan bisa mengganggu fungsi penglihatan.

Kalau katarak merupakan kelainan mata yang terjadi akibat adanya perubahan lensa yang jernih dan tembus cahaya, sehingga keruh. Gangguan penglihatan yang terjadi tidak secara instan, melainkan secara perlahan dan dapat menimbulkan kebutaan. Meski tidak menular, katarak dapat terjadi di kedua mata secara bersamaan.
Salah satu penyebab banyaknya penderita katarak di Indonesia adalah akibat temperatur daerahnya yang panas dan intensitas paparan sinar ultra violet matahari yang cukup tinggi.

Sementara itu data WHO penderita trauma mata pertahun mencapai 55 juta dan 750 ribu di antaranya membutuhkan penanganan. Menurut Dr. Pardawan SpM, sebelum dilakukan penanganan perlu diperhatikan penyebab trauma, waktu dan tempat terjadi trauma. Termasuk pemeriksaan fisik mata di antaranya kornea mata, pupil dan pergerakan mata.

Berdasarkan penyebabnya ada beberapa jenis trauma mata yakni trauma tumpul dan trauma kimia. Trauma tumpul biasanya disebabkan benda tumpul yang mengenai organ secara langsung atau tidak langsung. Sedangkan trauma kimia disebabkan oleh zat kimia, baik berupa cairan, padat atau gas.
Zat kimia yang menyebabkan trauma mata bisa bersifat asam atau basa. “Trauma yang disebabkan bahan kimia asam biasanya lebih mudah penanganannya dibanding trauma biasa,” Jelas dokter yang bertugas di RS Ansyari Saleh Banjarmasin.
Pada trauma asam, penanganannya hanya dengan air atau larutan fisiologis sampai PH mendekati atau sama dengan 7, antibiotik, steroid dan vitamin.
Sebaliknya trauma basa lebih berbahaya karena akan terjadi reaksi penyabunan sehingga merusak jaringan atau nekrose. Penanganannya selain dengan air atau larutan fisiologis sebanyak 2.000 cc juga dilakukan penambahan anti biotik, EDTA, sikloplegia dan Vitamin C.

DAPAT DISEMBUHKAN
Kebutaan yang terjadi akibat gangguan katarak, sebetulnya bukan kebutaan yang permanen, sebab dapat disembuhkan dengan melakukan operasi. Tapi bila kasus kataraknya disertai dengan kelainan pada retina dan saraf penglihatan, umumnya dokter spesialis mata tidak akan merekomendasikan.
Pelaksanaan operasi juga baru dapat dilakukan, bila penderita telah mengalami kehilangan penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.
“Operasi yang dijalankan cukup dengan menggunakan bius lokal atau tetes mata anti nyeri di kornea (selaput bening mata) dan tak perlu rawat inap,” jelas Dr. Ratna.
Melalui operasi, lensa mata yang keruh dihancurkan (emultifikasi), kemudian disedot (vakum) dan diganti dengan lensa buatan yang telah diukur kekuatannya serta ditanam secara permanen.
Operasinya sendiri menggunakan peralatan operasi berteknologi dengan teknik Fakoemulsifikasi (tanpa jahitan). Teknik bedah katarak dengan sayatan kecil ini hanya memerlukan waktu 10 menit, disertai waktu pemulihan yang lebih cepat.
Apabila tidak terjadi gangguan pada kornea, retina, saraf mata atau masalah mata lainnya, tingkat keberhasilannya dari operasi katarak cukup tinggi, yaitu mencapai 95 persen dan kasus komplikasi saat maupun pasca operasi juga sangat mungkin terjadi.

Pasca Operasi katarak
• Boleh bekerja asal di dalam ruangan dan menghindari debu
• Tidak boleh berenang selama sebulan
• Tidak boleh mengucek mata
• Hanya melakukan aktivitas ringan

Pencegahan Kebutaan
• Mengecek mata secara teratur
• Menggunakan kaca mata untuk meningkatkan ketajaman penglihatan
• Jangan terlambat berobat
• Meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga kesehatan mata sangat penting.

Read More......

PENYEBAB SUSAH MAKAN PADA BALITA

Dalam urusan makan, sebenarnya balita, terutama usia 0-12 bulan, adalah konsumer pasif. Artinya, dia lebih banyak mengonsumsi makanan yang sudah dipilih orangtua. Dari sinilah sebetulnya anak mulai belajar perihal pola makan.

Dokter Dida Ahmad Gurnida, Sp.A Mkes., pengajar di sub bagian Nutrisi dan Metabolisme, Bagian Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran - RS Hasan Sadikin, Bandung, mengatakan, meskin belum ada data secara nasional tentang gangguan makan yang ada pada anak, masalah yang paling banyak terjadi adalah sulit makan. Hal itu terjadi khususnya pada anak usia 6 bulan ke atas.
“Ada tiga jenis gangguan pola makan yang kerap dialami oleh balita, yaitu sulit makan, pilih-pilih makanan atau picky eater, serta susah mengontrol nafsu makan alias makan melulu,” Ungkap dr. Dida. Penyebab sulit makan sendiri terdiri dari dua faktor. Pertama faktor fisik, misalnya karena ada gangguan di sistem saluran pencernaan yang mengakibatkan si kecil mual setiap kali makan. Atau karena ada gangguan di gigi-giginya, dan faktor fisik lainnya. “Namun, jangan panik dulu karena presentasi akibat faktor ini kecil sekali,” katanya.
Dr. Dida menyebutkan faktor psikis menjadi penyebab utamanya susah makan pada balita . Faktor ini juga menjadi pemicu timbulnya gangguan makan lainnya.
Lebih lanjut, Dra. Dini Daengsari, MSI., staf pengajar dari jurusan Psikologi Perkembangan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Depok, mengatakan secara psikis gangguan pola makan balita ternyata tidak terlepas dari peran orangtua. Bukankah orantua yang menyediakan makan bagi si kecil?
“Karena merasa cemas anaknya tidak mau makan, kita (orangtua) langsung memberinya makanan sesuai porsi kita. Atau kalau si kecil masih juga tidak mau makan, pilihannya cuma dua. Dipaksa makan atau dimarahi,” Kata Dini. Tidak hanya itu. Biasanya anak juga dipaksa duduk manis ketika makan. Kalau sudah begini, makan diasosiasikan anak sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan. Padahal, suasana makan yang menyenangkan amat membantu dalam pemberian makan pada anak.
Psikologi UI ini juga mengatakan bahwa anak yang tidak bisa mengontrol nafsu makannya juga merupakan suatu masalah. Bisa jadi, kata Dini, ini karena kebiasaan anak dari kecil atau penyebab lainnya. “Kita kan senang tuh melihat anak yang makan banyak, sehingga dia dibiasakan untuk makan melulu.
Akhirnya, anak berpikir kalau makan banyak itu adalah suatu yang diharapkan oleh orang tuanya. Masalahnya kebiasaan ini bisa terbawa sampai ia remaja kelak,” ujarnya. “Karena kemudian orangtuan selalu menuruti nafsu makannya, lama-kelamaan anak tidak punya rangsangan lapar dan tidak mengenal rasa kenyang. Dia akan makan terus, terus dan terus. Ini yang bahaya!” Tegas Dini.

Read More......

Jumat, 30 Januari 2009

Martapura Kota Intan

Intan

Intan

Yang paling menonjol dari hasil alam Kalimantan adalah intan. Tepatnya di daerah Cempaka dan Pengaron, di sini setiap hari ditemukan intan oleh para pendulang. Yang paling menonjol adalah intan trisakti yang ditemukan oleh penduduk sekitar belasan tahun yang lalu. Dengan ditemukannya intan ini, menyebabkan sang pendulang menjadi kaya mendadak. Bahkan nama Trisakti diabadikan menjadi sebuah nama pelabuhan di Banjarmasin.

Yang baru-baru ini dan cukup terkenal adalah intan yang diberi nama Putri Malu. Beratnya 200 karat. Beberapa hari kemudian intan yang masih mentah itu dibeli oleh seorang pengusaha asal Cindai Alus yang bernama Lihan dengan harga 2 milyar. Besoknya intan itu langsung mendapat penawaran dari pengusaha kaya dari Jakarta dengan harga yang cukup pantastis, yaitu 8 milyar. Wooow….! Itu harga yang masih mentah, lho.Bayangkan, bagaimana harganya nanti apabila intan itu sudah digosok. Pasti harganya akan selangit.

href="http://tokopermata.files.wordpress.com/2008/09/putri-malu1.jpg">

Walaupun tambang intan Kalimantan Selatan menyimpan banyak kandungan intan yang besar, akan tetapi tidak setiap saat bisa ditemukan. Yang bisa diperoleh setiap harinya hanyalah intan-intan kecil yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kadang-kadang dalam beberapa hari pendulang intan tidak dapat menemukan intan sama sekali. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan langkah mereka untuk bekerja mencari rezeki karena untuk menemukan intan yang diidam-idamkan sifatnya adalah untung-untungan. Baik bekerja keras atau seadanya saja, kalau sudah sampai rezekinya, maka hasillah apa yang mereka idam-idamkan. Begitulah resikonya jadi pendulang intan.

Kebanyakannya intan yang masih mentah atau sudah digosok diperjualbelikan di Kota Martapura. Ada dua macam cara orang berjualan intan di Marapura ini.Yang pertama, dijual di pusat pertokoan permata. Yang cukup terkenal adalah Pusat Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS). Di tempat ini dijual berbagai macam jenis permata dari yang harganya murah sampai yang harganya selangit. Selain permata, di pertokoan CBS juga dijual bermacam aksesories, kerajinan tangan, khas daerah sampai kepada ramuan obat dari Kalimantan seperti pasak bumi.

Cara yang kedua adalah yang dikenal di kota Martapura dengan sebutan Pembalantikan Intan. Sistem dagang seperti ini tidak memajang intan dagangan mereka di sebuah toko, tapi intan-intan itu disimpan di dompet atau kantong mereka. Para penjual ini biasanya bergerombol di suatu tempat sambil memamerkan intan-intan kepunyaan mereka kepada orang yang berminat. Mudah saja untuk menemukan para pedagang ini di Kota Martapura. Tanya saja setiap orang yang berjualan di pasar Martapura pasti mereka tahu tempatnya.

Oleh karena di kota ini banyak ditemukan intan dan merupakan tempat jual beli intan yang terkenal di Indonesia, maka Martapura pun mendapat julukan Kota Intan.

Related Posts:

Obat Alami Dari Hutan Kalimantan
Permata dan Khasiatnya
Cara Membedakan Permata Asli dan Imitasi


Read More......

Obat Alami Dari Hutan Kalimantan

akar pasak bumi

akar pasak bumi

Hutan alam Kalimantan banyak sekali menyimpan berbagai kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan. Dari pohon kayu ulin sampai kepada obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan alam itu kebanyakan berupa daun-daunan atau akar-akaran. Jenis akar-akaran yang sudah terkenal sejak zaman dahulu berfungsi sebagai obat adalah akar pasak bumi. Akar pasak bumi sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat suku Banjar dan lain-lain sebagai obat untuk meningkatkan stamina dan kekuatan. Bahkan sudah lama akar pasak bumi dijadikan sebagai obat utama dari berbagai produk, sebut saja Srongpas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Madya Dr. Johari Mohd. Saad, Ph. D yang melakukan penelitian pada beberapa tikus jantan dan tikus betina. Menurut penelitian tesebut, tikus jantan yang diberi ekstrak pasak bumi menunjukkan perilaku lebih agresif terhadap tikus betina.

Ekstrak ethanolic yang terkandung dalam pasak bumi dapat menambah jumlah hormon testosteron pria. Ethanolic merangsang bekerjanya chorionic gonadotrpin (hCG) yang bisa membantu terbentuknya testosteron.

Akar pasak bumi selain sebagai afrodisiak juga manjur untuk malaria. Penyakit yang menghancurkan sel-sel darah merah ini disebabkan plasmodium yang hidup dalam nyamukanopeles betina. Kandungan senyawa kuasinoid pada akar pasak bumi dapat melumpuhkan plasmodium falcifarum. Selain kuasinoid akar pasak bumi juga mengandung senyawa erikomanon yang ampuh mengobati malaria.

Selain sebagai afrodisiak dan antimalaria, pasak bumi mencegah serangan kanker. Senyawa kuasinoid dan alkaloid yang terkandung dalam pasak bumi terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Abdul Razak Mohd Ali dari Forest Research Institute of Malaysia. Sebanyak 8 alkaloid ditemukan dalam pasak bumi, salah satunya 9 methoxycanthin 6 yang berfungsi sebagai antikanker payudara.

akar pasak bumi

akar pasak bumi

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen of Pharmacognocy, Tokyo College of Pharmacy & The Faculty of Medicine, Tokyo University, Jepang. Menemukan senyawa antileukimia dari pasak bumi . Selain afrodisiak, anti kanker, antimalaria dan antileukimia, pasak bumi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi para penderita HIV.

Bagaimana…? Anda tertarik untuk mendapatkan akar pasak bumi ini. Anda akan dapat dengan mudah menemukannya di pusat Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura. Hampir semua toko permata menyediakan akar pasak bumi ini dan beberapa ramuan kalimantan lainnya. Harganya? Jangan khawatir, anda bisa mendapatkan akar pasak bumi di Martapura dengan harga murah, mulai dari 5.000 sampai dengan 25.000 rupiah tergantung dari kemasan pasak bumi itu. Untuk pasak bumi yang sudah diolah dalam bentuk gelas ini yang sedikit lebih mahal dari yang dalam bentuk kemasan. Yaaa…. datang aja, deh ke Martapura sekalian untuk beli permatanya, oke?

Related Posts:

Cara Membedakan Permata Asli dan Imitasi

Permata dan Khasiatnya

Martapura Kota Intan

Read More......

Permata Dan Khasiatnya

Benarkah sebuah permata itu mempunyai khasiat tertentu bagi pemakainya?

Masalah ini memang sesuatu yang selalu hangat diperbincangkan oleh sebagian orang yang hobi mengoleksi batu permata. Ada dua pendapat mengenai masalah ini. Satu pendapat mengatakan bahwa memang permata itu mempunyai khasiat dan sebagian lain mengatakan bahwa itu hanya tahayul dan siapa yang mempercayainya maka dia telah terjerumus ke dalam dosa, yaitu syirik.

Seolah membela pendapat yang pertama, seorang ahli batuan dari Malaysia Dr. (HC) Hisham Hashim mengatakan batu berkhasiat untuk pengobatan karena memiliki gelombang elektromagnetik. Dengan elektromagnetik inilah batu dapat membetulkan medan elektromagnetik yang terganggu di tubuh manusia sehingga yang bersangkutan sehat.

“Tubuh manusia memiliki satu medan magnet. Bila medan magnet di tubuh tidak seimbang, timbul masalah seperti penurunan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya yang bersangkutan akan terkena berbagai penyakit.” Kata lulusan jurusan Geology University Science Malaysia ini.

Gangguan medan elektromagnetik di tubuh manusia ini memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya gangguan gelombang dari handphone, komputer, televisi, atau juga bisa karena pencemaran udara.

Pada dasarnya, hampir semua batuan dapat digunakan untuk pengobatan karena masing-masing mengandung getaran elektromagnetik. Hashim menyebutkan beberapa di antaranya:

1. Zamrud

zamrud

zamrud

Menurut Rowland, seorang dokter yang diabad ke 17 meneliti batuan, zamrud sangat baik untuk mengatasi penyakit hati (liver) dan masalah di bagian kepala. Orang yang pelupa cocok untuk mengenakannya. Zamrud juga dipercaya mampu mengatasi kencing manis atau penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.
Aura yang terkandung di dalam batu zamrud di antaranya;
- Menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman
- Menjaga kesegaran jasmani dan rohani
2. Pirus
Pirus sebenarnya bukan merupakan 100% batu, namun merupakan campuran tanah, kapur, dan batu. kandungan kimia pirus terdiri dari aluminium silicate dan hydrated phosphate. Pirus bermanfaat untuk mengatasi penyakit paru-paru, syaraf, mata, penyakit di kerongkongan. Pirus pun mampu menguatkan jantung, memperbaiki peredaran darah, keracunan dalam darah dan memulihkan tenaga.
3. Batu Akik
Lebih dari 1600 tahun lalu tentara Roma menghancurkan batu akik sampai lembut, lalu dicampur dengan air dan direbus, digunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan limpa. Malah ahli pengobatan dari Arab menggunakan bubuk batu akik untuk menghentikan peredaran darah dan luka dalam. Bagi yang mengenakannya, batu akik dapat memberikan ketenangan dan mengatasi masalah sukar tidur.
4. Berlian
Berlian

Berlian

Berlian dipercaya sebagai ahli dari segala penyembuhan penyakit. Ia memiliki kekuatan untuk penyucian dan keseimbangan badan. Batu permata ini digunakan untuk menguatkan semua organ di dalam tubuh, terutama empedu dan ginjal. Berlian juga baik untuk kesehatan usus kecil, kekuatan tulang, kelenjer pineal, dan baik untuk mengaktifkan kelenjer timus. Ada juga orang yang percaya berlian dapat digunakan untuk detoksifikasi atau pengeluaran racun di dari tubuh.
5. Blue Safir
safir

safir

Blue safir mempunyai aura yang khasiatnya antara lain:
- Mengembangkan daya fikir
- Menumbuhkan inspirasi
- Optimisme serta harapan baru
- Peredam penyakit batin
- Membawa damai dan tenteram batin
- Pengekal asmara.
6. Kecubung
Di Indonesia kecubung selain sebagai batu perhiasan juga sering dianggap sebagai batu yang bertuah atau berkhasiat. Di antaranya adalah untuk mendapatkan simpati dari orang lain dan juga orang tidak ingin berbuat jahat kepada si pemakai batu tersebut. Tetapi menurut kepercayaan untuk membuat batu tersebut berkhasiat, harus diolah secara alami, atau tidak menggunakan alat-alat modern, seperti gerinda atau alat pemoles lainnya. Umumnya mereka menggosoknya dengan menggunakan bambu dan terkadang si pembuat juga berpuasa. Selain itu kecubung juga digunakan untuk meningkatkan kekuatan batin / spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga untuk meredakan sakit kepala.

Nah, bagaimana menurut anda? Apakah anda masih tidak percaya bahwa sebuah permata itu mempunyai khasiat tertentu bagi pemakainya? Semuanya terserah anda. Boleh percaya, boleh juga tidak.

Related Posts:
Cara Membedakan Permata Asli dan Imitasi
Martapura Kota Intan

Obat Alami Dari Hutan Kalimantan

Read More......

Kamis, 29 Januari 2009

Cara membedakan permata asli dan imitasi

zamrud

zamrud

Bagaimana sih caranya membedakan permata asli dan imitasi?

Pertanyaan di atas sering dilontarkan oleh orang yang awam akan permata. Ya, sebelum kita belanja permata, sebaiknya kita mengetahui dulu ciri-ciri permata asli dan imitasi. Hal ini sangat penting kita ketahui karena bila tidak demikian , tidak jarang orang membeli permata palsu walaupun si penjual sudah meyakinkan bahwa permata yang dibelinya itu adalah asli. Akhirnya kita sendiri yang akan kecewa dan kita pun mengalami kerugian besar.

Berdasarkan pengalaman saya selama berdagang permata, banyak di antara pembeli yang merasa kecewa setelah diberitahukan permata yang dibelinya di suatu tempat itu bukan permata alami tapi hasil tiruan tangan manusia. Bahkan ada di suatu daerah segerombolan penipu yang selalu beraksi di sebuah taksi. Kerjanya adalah menipu para penumpang dengan cincin permatanya yang palsu tapi dibilangnya asli. Penipu ini bersama beberapa kawannya menjalankan sandiwara dengan mengatakan bahwa dia ingin menjual cincin simpanannya berupa permata yakut dengan harga murah karena terpaksa untuk modal pulang kampung. Ya, dia mengaku sebagai perantau yang kehabisan bekal di tengah jalan dan demi ongkos pulang kampung, maka dia rela menjual cincin simpanannya yang berupa yakut asli itu dengah harga yang sangat murah. Teman di sebelahnya lalu memanas-manasi dengan katanya “Wah ini memang yakut asli dan sekarang harganya sampai dua jutaan. Andai saja aku ada uang sekarang pastilah aku yang akan membelinya.” Begitulah katanya. Penumpang yang tertarik mendengar pembicaraan itu lalu melakukan transaksi dan akhirnya dibelilah permata itu dengan harga beberapa ratus ribu saja.

Rubby/merah delima

Rubby/merah delima

Apakah penumpang tersebut telah membeli yakut itu dengan harga murah? Ternyata tidak. Dia sebenarnya telah kena tipu dan harga cincin itu sebenarnya tidak sampai ratusan ribu. Paling mahal harganya 80.000 saja. Lho, kenapa? Karena cincin dengan mata yakut itu sebenarnya adalah palsu. Bermodalkan anjuran si penjual / penipu untuk menjual kembali cincin itu ke Martapura, maka orang tersebut pergi ke Martapura dan ingin menjual cincin itu dengan harga 500.000 an. Tapi setelah capek menawarkan ke sana ke mari akhirnya dia kecewa karena tidak ada satu buah toko pun /seorang pun yang berminat membeli cincin kebanggaannya itu. Terakhir sekali dia datang ke toko kami di CBS Martapura, maka tanpa ada yang disembunyikan kami pun mengungkap apa yang sebenarnya dialami oleh orang tersebut. Akhirnya dia sadar bahwa telah kena tipu.

Kejadian seperti di atas, tidak satu kali itu saja terjadi dan pada tempat dan penipu yang sama. Bahkan ada seorang polisi yang karena waktu itu dia tidak berpakaian seragam polisi juga kena tipu. Semoga sang penipu lekas sadar akan perbuatan jahatnya dan semoga dia mendapat ganjaran setimpal agar tidak ada lagi orang yang menjadi korban mereka.

Lalu bagaimana, sih caranya membedakan permata asli dan imitasi itu? Simaklah beberapa tips yang saya berikan di bawah ini:

1 Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.

2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli.

3. Berat. Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.

5. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.

Hanya ini saja cara membedakan permata asli dan imitasi yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya selama belasan tahun berjualan permata di Martapura. Anda bisa menambahkan kekurangannya di kotak komentar. Terima kasih!

Related Posts:

Permata dan Khasiatnya

Obat Alami dari Hutan Kalimantan

Martapura Kota Intan

Read More......